Rabu, 13 Agustus 2014

Isu Pergantian Sekda Dairi Semakin Santer



     Sidikalang-Dairi Pers : Memasuki hari pertama kerja usai cuti bersama perayaan Idul Fitri isu bakal pergantian sekda Dairi santer terdengar di kalangan PNS Lingkungan pemkab Dairi. Konon ada tiga nama pejabat eselon II dilingkungan pemkab Dairi yang digadang-gadang bakal menggantikan sekda Dairi Julius Gurning, BA
yang telah bertugas sekitar 3 tahun. Isu bakal pergantian sekda Dairi ini juga ditanggapi positif sejumlah PNS sebagai upaya regenerasi dan persiapan Dairi menghadapi perubahan kepemimpinan nasional. Jadi dibutuhkan vigor sekda yang lebih mampu membaca perubahan.
     Data yang diperoleh Dairi pers berkaitan dengan tiga nama pejabat eselon II yang konon bersaing untuk kursi nomor satu PNS itu cukup sulit. Sementara sejumlah PNS di lingkungan Badan Kepegawaian Daerah Dairi yang coba dikonfrimasi Dairi pers selalu menolak berkomentar. Namun dari sejumlah nama yang sering diperbincangkan tiga kandidat yang bakal bersaing tersebut disebut-sebut yakni Drs. Japaet Sigalingging yang kini menjabat sebagai kepala BKD Dairi, Ir. Sahala Tua Manik kepala dinas pertambangan Dairi dan Sebastianus Tinambunan, SH yang kini menjabat kepala Dippekade Dairi. Namun muncul juga satu nama yang disebut-sebut juga muncul dalam bursa persaingan yakni Jubel Sianturi yang kini menjabat kepala Bappeda Dairi.
     Sementara itu untuk mendapatkan 3 nama valid yang turut dalam persaingan untuk jabatan sekda Dairi tersebut sangat sulit didapatkan. Pihak BKD Dairi menutup rapat infromasi berkiatan dengan tiga nama yang disebut-sebut turut dalam bursa. Namun disebutkan jabatan sekretaris daerah  tidak mempunyai batas periode. Namun jabatan sekda merupakan kepercayaan kepala daerah. Selama kepala daerah menilai mampu maka jabatan sekda tidak ada perubahan.
     Sementara proses untuk pengangkatan sekda sesuai UU pemerintahan daerah diusulkan tiga nama dari pejabat eselon II yang telah dan pernah menduduki minimal dua kali jabatan eselon II. Selanjutnya tiga nama kandidat ini diusulkan ke mendagri untuk selanjutnya mendapat persetujuan satu nama. Kendati demikian disebutkan pada dasarnya peran kepala daerah dalam memilih satu nama menjadi penentu..
     Isu bakal pergantian sekda Dairi ini menjadi bahan perbincangan sejumlah PNS dan kalangan masyarakat di Dairi. Banyak tanggapan yang mengaitkan munculnya isu  bakal pergantian tersebut dikarenakan selama sekitar 3 tahun sekda Dairi dijabat Julius gurning, BA belum ada perubahan signifikan berkaitan dengan pengelolaan PNS.  Namun ada juga yang berspekulasi kinerja Sekda Julius Gurning, BA selama menjadi sekda di Dairi kurang maksimal dapat memahami dan mengaplikasikan keinginan kepala daerah.
     Namun tidak kurang tanggapan positif dari masyarakat pergantian sekda Dairi merupakan hal yang wajar dan adil   karena cukup banyak pejabat eselon II dilingkungan pemkab Dairi yang mempuanyai pangkat yang sudah “mentok” bahkan “jam terbangnnya” sebagai pejabat eselon II lebih tinggi dari Julius Gurning, BA.
     Sedang komentar berkembang  isu bakal pergantian sekda Dairi itu disebut hanya sebatas isu untuk mengelabui seakan-akan jabatan tersebut memang senagaja diperebutkan. Padahal diperkirakan Julius Gurning, BA tidaka akan tergnatiakan selama pemerintahan Jonny Sitohang. Disamping kinerjanya yang luar biasa . Vigur sekda Dairi ini juga disebut-sebut orang yang mapan dan banyak berjasa dalam karir perjalanan pasangan Johnny- Irwansyah pasi, SH.
     Salah satu nama pejabat eselon II Dairi yang namanya disebut-sebut ikut dalam bursa persaingan untuk jabatan sekda Dairi tersebut senin (4/8) yang dimintai Dairi pers komentarnya langsung menutup diri dan meminta tolong agar tidak menayakan hal itu kepadanya. Pihaknya juga bermohon agar namanya tidak perlu dituliskan di media. Saat ditanyakan alasannya justru berbalik menjawab “ tahulah kondisi Dairi nanti malah jadi polemic, Juga tidak semua orang suka dimediakan” sebutnya mengulangi untuk tidak dipublikasikan. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar