Rabu, 11 September 2013

Sijara Jiri VS Sitakal Tabu



Pasti lagu ini tidak kren bagi anak ABG Sekarang. Tetapi kalau kembali dipopulerkan Wali Band pasti kren dan booming. Lagu anak anak era 70-an ini sempat meledak dan berkuasa di jamannya. Lagu yang mengisahkan dua orang yang selalu bernasib mujur dalam kehidupan. Sijara jiri yang jarang mandi tetapi sekali mandi langsung dapat telur bebek. Sungguh bukan karena hanya faktor lucky saja dasar tangan si jara jiri juga suka jahil (Dadap dadap).
Berimbang dengan Sitakkal tabu yang selalu bernasib mujur hobby manjat dan tidak pernah jatuh. Sekali jatuh langsung ke pangkuan anak gadis Padahal karena sudah lihat anak gadis lewat lantas menjatuhkan diri. Sedikit rekayasalah
Dua tokoh runyam dikisah serial Batak ini  hidupnya  hanya bermodalkan keberuntungan dan unsur rekayasa. Keduanya cerdas dalam membaca situasi namun dongok dalam akademis. Cerdas dalam menipu , berbohong  dan  lihai memutar balik fakta. Namun sukses dalam nasib.
Dalam serial opera Alkisah seorang anak manusia bermental penipu bernama sitakkal tabu. Sahwat dan nafsunya selalu diubun-ubun untuk sebuah kekuasaan. Maka apapun dilakukannya untuk memuaskan birahi politiknya. Seorang raja Piso Somalim pernah dikerjai Sitakkal tabu saat tertidur. Perlahan-lahan sitakkal tabu mencuri baju sang raja dan mengenakannya. Dengan kepalsuan dia pamer ke rakyat mengenakan baju kebesaran sang raja.  Sang raja asli Piso Somalim tenang-tenang saja melihat kelakuan Sitakkal tabu mengenakan baju kebesaran itu. Dia hanya tersenyum dan tertawa dalam hati menyaksikan adegan si takkal tabu yang terlanjur menganggap dirinya raja.
Berkaitan  prestasi keduanya berbeda karena sijara jiri hanya bernasib mendapat telor bebek sedang si takal tabu pernah sukses berat menjadi seorang raja karena berhasil mencuri baju raja bernama Piso so malim. Menipu dan maling yang menjadi keahliaannya sanggup membawanya ke jejang tinggi menjadi seorang raja meski imitasi. Dasar imitasi saat memimpin rakyat semua menjadi runyam hingga suatu ketika mengakui kalau gelar yang diperolehnya karena curang . Baju raja yang disandangnnya adalah baju curian.
Pasangan Si Jara jiri-Sitakkal Tabu merupakan perpaduan sempurna.  Meski demikian keahlian si takkal tabu sedikit diatas Sijara jiri  . Sijara jiri hanya kebagian telor bebek. Sedang siTakala Tabu Sukses besar bro…SDM, Moral, hingga sifat yang sama membuat mereka pasangan paling ideal. Sangkin idealnya lagu sitara tillo yang memuat cerita keberuntungan keduanya booming hingga banyak yang terlena dan mabuk  oleh lagu penuh kebohongan itu. Ternyata benar kata orang bijak kepada orang bodoh sekalipun Tuhan memberikan Keberuntungan. (Chief Of Editor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar