Kamis, 05 Juli 2012

Permukaan Danau Toba Surut
       Silalahi-Dairi pers : Musim kemarau yang menghantam Dairi dan beberapa daerah seputaran Danau toba telah membuat permukaan air danau toba surut.
Diperkirakan air danau toba turun hingga 1 hingga 1,5 meter. Hal itu membuat garis pantai bertambah lebar dan sangat membantu pewisata.
       Pantauan Dairi Pers senin (25/6) di pantai Silalahi penurunan air cukup terlihat dari bebatuan yang muncul di pinggir danau yang menyisakan tanda tinggi air yang biasa digenangi. A. Silalahi warga setempat menyebutkan musim kemarau di daerah itu telah membuat garis bibir pantai bertambah. Musim libur sekolah yang  kini berlangsung umumnya daerah ini menjadi daerah tujuan wisata menjadi pilihan karena garis pantai yang bertambah.

       Hal itu menurut silalahi adalah biasa dan pada bulan juni dan juli. Permukaan danau akan naik kembali seiring dengan musim penghujan. Namun demikin disebutkan penuruan air berakibat sulitnya mendapatakan tangkapan ikan dari danau karena ikan menuju perairan yang lebih dalam. Kendati demikian sepertinya potensi pantai silalahi sudah beralih kepada ikan pora-pora yang tidak terlalu berpegaruh pada musim penghujan atau kemarau.
       Dikatakan jika penurunan air hanya dibawah 2 meter tidak terlalu menggangu pada kerambah jaring apung . Sebaliknya jika mencapai penurunan 3 meter maka pengusaha jaring apung wajib menggeser jaringnya ke tempat yang lebih dalam. Dang penggeseran ini biasanya memakan biaya yang tidak kecil . ( R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar