Senin, 07 Januari 2013

Serakah


      Seseorang menatap seekor elang terbang tinggi sambil memegang burung puyuh. Dia berkhayal minimal berat daging burung elang 1,5 Kg. Karena seleranya  dengan khayal melihat elang terbang bebas puyuh di tanganpun dilepas. Saya katakan serakah.

      Sesungguhnya semua sudah ada porsinya. Jangankan harta dan jabatan minum air saja ada batasnya . coba kalau terus-terusan minum air maka pada batas leher dipaksa lagi akan muntah dan menyakitkan. Anda ingin mengetahui betapa sakitnya menjadi orang serakah bolehlah mencoba dengan minum air putih tak henti-henti. Ketika muntah bukan hanya air yang keluar namun makanan yang ada di perut juga akan keluar  dari mulut. Itu akan menyakitkan.
      Saya pernah melihat sebuah iklan rokok di televisi seekor kambing yang melompat ke padang rumput tetangga. tentu karena terinspirasi dengan pepatah lebih hijau rumput tetangga. Warnanya hijau, ranum dan menggugah selera . Saat dimakan ternyata hanya rumput imitasi. Disamping tertipu juga rasanya memalukan. Namun namanya juga serakah pasti akan mengalami.
      Teman saya berprediksi  ketika Passiona nanti mendekalrasikan diri maka akan banyak balon-balon lain muncul. Itu karena vigur Passiona dianggap kecil, kurang dana dan hanya orang kecil. Ternyata prediksi itu benar tak lama kemudian bagai cendawan di musim hujan bermunculan. Teman saja juga mengatakan akan berbeda ceritanya ketika  yang deklarasi pertama misalnya Aliwongso Sinaga atau siapa saja yang mempunyai nama besar. Pasti tidak banyak yang akan berani bertarung. Itu karena takut karena yang muncul sudah salah satu nama besar yang dianggap sempurna dan susah dikalahkan.
      Teman saya bilang terserah nanti perjalanan pasiona namun baginya setidaknya Passiona adalah pahlawan demokrasi yang sanggup membuka mata orang lain menyakinkan kandidat lain berani berhadapan dengan incumbent yang dikenal tangguh. Setidaknya Passiona telah menginspirasi banyak orang untuk berani berdemokrasi di Dairi. Jadi boleh juga dikatakan Passiona pembuka jalan bagi yang lain. Passiona sebagai pembuka jalan membukakan banyak mata.
      Johnny Sitohang kepada saya pernah berkata cukup satu periode  Saya lansir berita itu pada headline 4 tahun silam. Saya yakin sekali kepadanya 4 tahun silam. Dan saya yakin dia tidak serakah. Akan sejalan lidah dan perbuatannya. Jadi bagiku dia bukan orang serakah selama ingat janjinya itu.
      Saya hanya menyatakan sesungguhnya sifat serakah itu ada pada binatang dan juga di diri manusia.  Biasanya sifat serakah juga berpadu dengan  nafsu bohong , penipu dan menghalalkan segala cara. Dia juga bersifat otoriter, sadis dan sanggup menjadi apa saja demi keserakahannya.
      Namun demikian serakah bukanlah sesuatu yangluar biasa karena itu adalah salah satu sifat manusia. Bahkan sekarang sepertinya sifat serakah menjadi tren dan digandrungi banyak pihak. Ada yang serakah proyek. Ada yang serakah kekuasaan dan ada yang serakah wanita dan ada yang serakah harta.  Setuju atau tidak ada juga yang diuntungkan siafat serakah ini. Jika tidak ada serakah maka yakinlkah KPK tidak bakalan ada. Jadi karena ada serakah maka KPK bisa hidup. Demikian juga lembaga yang lain. Karena banyak juga orang yang suka kalau ada kegiatan serakah. (Chief Of Editor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar