Kamis, 18 Desember 2014

Sebastianus Tinambunan Menjadi Sekda Dairi



Sidikalang-Dairi Pers : Sebastianus Tinambunan, SH Dilantik Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro menjadi Sekretaris Wilayah Daerah Kab. Dairi kamis (19/11) bertempat di Balai Budaya Sidikalang. Hadiri dalam kesmepatan tersebut muspida Dairi. Kepala dinas,
kepala badan  kepala kantor serta sanak keluarga. Tampak hadir sejumlah anggota DPRD Dairi menyaksikan prosesi pengambilan sumpah dan janji jabatan sekda.
     Jabatan sekda Dairi sebelumnya dijabat Julius Gurning, BA yang dalam pelantikan ini juga hadir bersama istri. Julius Gurning BA menjabat sebagai sekda Dairi sejak 11 januari 2012 yang kala itu menggantikan Arsenius Marbun.
     Sementara itu sekda Dairi yang baru dilantik Sebastianus Tinambunan, SH mantan kepala Dippekade Dairi. Karir PNS orang nomor satu jajaran PNS Dairi itu bermula dari staf biasa dilingkungan pemkab Dairi hingga menempati sejumlah jabatan kepada bagian. Dalam karir birokrat itu Sebastianus pernah menjabat sebagai kepala BEP (Basic Education Proyek) Dinas pendidikan Dairi. Menjabat kepala kantor pemerintahan desa. Kepala Badan kepegawaian daerah, Asisten  di lingkungan kantor Bupati. kepala Bappeda Dairi hingga memasuki kepala Dippekade Dairi. Sebatastianus Tinambunan diakruniai beberapa anak dari istri Br. Sianturi yang berpropesi sebagai dokter.
     Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada pejabat lama atas pengabdian yang dilakukan selama menjabat . Sedang kepada pejabat Baru Bupati mengharapkan dapat meningkatkan kinerja dalam birokrasi untuk pelayanan masyarakat.
Mengejutkan
     Sementara itu pelantikan sekda Dairi yang baru ini cukup mengejutkan dilingkungan birokrat kabupaten dairi. Pasalnya tidak pernah terdengar bakal terjadi penggantian sekda Dairi sebelumnya. Meski sekitar agustus silam pernah terdengar isu akan pergantian sekda Dairi itu diprediksi hanya isu saja. Perhitungan kuat tidak mungkin Julius Gurning diganti karena masih mempunyai masa kerja aktif. Biasanya pergantian sekda di Dairi dilakukan jika seorang sekda memasuki masa pensiun.
     Disamping itu Julius Gurning, BA dikenal piawai dalam menggerakan roda pemerintahan dan tengah berjuang keras untuk menjadikan kota Sidikalang meraih Adipura. Julius juga dikenal berhasil menggerakkan PNS jajaran pemkab Dairi untuk melakukan kebersihan di setiap hari jumaat.
Pelantikan sekda yang baru yang dilakukan kamis silam cukup mengejutkan lingkungan birokrat Dairi hingga menimbulkan berbagai prediksi penyebab pejabat yang masih mempunyai masa kerja aktif itu harus digantikan. (R.07)

1 komentar:

  1. Coba dicek kebenaran pengangkatan Sekdakab Dairi ini yang katanya diangkat menggunakan SK Bupati bukan SK Gubsu.

    Ref:
    1. Buka Sejarah, Sekdakab Labuhanbatu Diangkat Melalui SK Bupati
    http://suarasumut.com/arsip/buka-sejarah-sekdakab-labuhanbatu-diangkat-melalui-sk-bupati/
    2. Gubsu Tak Terbitkan SK Pengangkatan Muhfli Sebagai Sekdakab Labuhanbatu
    http://suarasumut.com/arsip/gubsu-tak-terbitkan-sk-pengangkatan-muhfli-sebagai-sekdakab-labuhanbatu/

    BalasHapus