Rabu, 23 April 2014

Perhitungan Sementara Hasil Pemilu Dairi



Golkar 11, Hanura 5
                Sidikalang-Dairi Pers : Meski KPU Dairi belum mengumumkan secara resmi hasil perolehan suara Pemilu 2014 Namun dari infromasi yang berkembang Golkar meraih kursi terbanyak untuk Dairi. Namun
secara mengejutkan Hanura muncul dengan perolehan suara melejit 5 kursi dengan prediksi berhak atas kursi wakil ketua DPRD Dairi.
      Anggota KPU Dairi Surung Simanjuntak didampingi Tambar malem Sagala yang dipertanyakan Dairi Pers atas pengumuman resmi KPU Dairi untuk hasil pemilu 2014 selasa (15/4) menyebutkan diperkirakan paling sekitar bulan mei melakukan pengumuman resmi perolehan suara. “ Sekarang saja (selasa 15/4) kotak suara masih berada di tingkat PPK. Jadi butuh waktu perhitungan untuk data valid “ sebutnya.
      Disebutkan berkaitan dengan prediksi siapa pemenang kursi DPRD Dairi pihak KPU tidak berspekulasi untuk itu hanya menunggu perhitungan resmi saja. Namun kita bersyukur pemilu di Dairi berjalan lancar. Meski ada kesalahan pengiriman logistik surat suara Sumatera Barat. Tidak menjadi masalah.untuk pemilu Dairi  “ sebut simanjuntak.
      Sementara itu dari informasi beberapa posko partai yang berhasil dihimpun Dairi Pers hingga selasa (15/4) disebutkan  perolehan suara kursi untuk DPRD Dairi hampir sepertiganya berasal dari partai golkar. . Diperkirakan Golkar meraih 11 kursi dewan dari 35 kursi yang tersedia. Perolehan 11 kursi tersebut yakni dari Dapil 1 Dairi (kec. Sidikalang, Berampu, sitinjo, Siempat Nempu hulu) sebanyak 3 kursi yakni Deprianto Sitohang, Johanson Manik dan satu nama lagi belum didata. Namun dipastikan 3 kursi dari wilayah yang disebut zona neraka tersebut.  Di Dapil ini golkar meraih  14.647 suara.
      Secara mengejutkan partai Hanura untuk dapil 1 Dairi  berhasil mendudukan 2 kursi yakni atas nama Togar Simorangkir dan Togar Pasaribu (keduanya merupakan dewan incumbent). Partai pimpinan Wiranto ini di dapil 1 Dairi meraih perolehan suara 7.242 suara .  Menyusul PAN sebanyak 2 kursi yakni atas nama Ridwan Sagala dan Agus Ujung dengan perolehan suara 6.459 suara  Sementara itu PDI-P hanya berhasil mendapatkan 1 kursi namun tanggung untuk mendapatkan 2 kursi. Perolehan suara untuk partai pimpinan Megawati tersebut sebesar  6.224.  Prediksi ini sesuai dengan prediksi awal 1,5 kursi. Sisa suara sekitar 1911 suara kalah tipis dari kursi terakhir PKP.
      Partai Gerindra hampir bernasib sama dengan  PDI-P hanya hanya berhasil mendudukkan satu wakilnya dengan perolehan suara 6.041. Meski melampaui kuota namun sisa suara tidak mampu mendudukkan dua kursi dewannya.
      Masih dapil 1 Dairi partai lain yang diperkirakan memperoleh kursi yakni  Partai democrat dengan perolehan suara 2.517,  Nasdem 2465 suara . sedang PKPI memperoleh 2.151 suara. Kursi ke 12 yang merupakan kursi teralkhir di dapil 1 sempat diperebutkan antara Hendra sinaga PKPI dan Alfransyah ujung  dengan total suara partai PKB sebanyak 1.934.
Sementara itu partai lainnya di dapil 1 yang tipis kemungkinan memperoleh suara yakni PPP hanya memperoleh suara . 1316. Menyusul PKS  691 suara dan  PBB 82 suara.
      Jumlah suara sah di dapil 1 Dairi diseburtkan 51.769 suara. Maka jika dikonversi dengan kuota satu kursi untuk dapil 1 sebesar 4. 313 suara.
      Sementara itu perolehan kursi untuk Dapil II Dairi yakni kecamatan Berampu, silima pungga pungga, lae parira dan Siempat nempu hilir golkar memperoleh 3 kursi  sedang partai PDI-P, Hanura, Gerindra, PAN, PKS, Demokrat masing masing 1 kursi. Di dapil ini tersaedia 9 kursi untuk diperebutkan
      Sementara itu untuk Dapil III yakni kecamatan Sumbul. Pegagan hilir dan Silahi sabungan  golkar memperoleh 2 kursi disusul PDIP 2 kursi , Nasdem, gerindra dan hanura masing masing 1 kursi,  di dapil ini tersedia 7 kursi untuk diperebutkan. Sedang untuk dapil IV Tanah pinem, Tigalingga dan Gunung saitember  golkar menempati perolehan kursi terbanyak sebanyak 3 kursi disusul  Gerindra, Nasdem, Hanura dan PAN masing masing 1 kursi.
      Dari catatan yang dikumpulkan Dairi pers dari beberapa posko partai menyebutkan perolehan kursi untuk DPRD Dairi hasil pemilu 2014 Golkar menempati posisi teratas dengan 11 kursi, Menyusul Hanura 5 kursi dan PDI-P 4 kursi, Gerindra 4 kursi PAN  4 dan Nasdem  3 kursi , Partai democrat 2 kursi sementara partai yang memperoleh masing masing 1 kursi DPRD Dairi yakni  PKS dan PKPI.
Kendati demikian sumber perolehan kursi ini belum resmi namun didapatkan dari beberapa posko partai peserta pemilu di Dairi. Pengumuman resmi untuk keabsahan perolehan suara dilakukan oleh KPU Dairi pada waktu sekitar Mei. Perhitungan ini juga belum resmi dan hasil resmi akan diumumkan KPU Dairi.
      Dari perhitungan sementara ini tercatat sejumlah partai secara mengejutkan berhasil mendudukkan wakilnya di kursi DPRD Dairi. Hanura meroket dengan perolehan 5 kursi dimana periode sebelumnya tidak berhasil mendudukan satupun wakilnya di dewan.  Gerindra juga berhasil gemilang dengan perolehan 4 kursi suara dimana periode silam tidak satupun caleg gerindra masuk legislatif Dairi . Partai Nasdem meski usia muda menggetarkan perpolitikan Dairi dengan perolehan 3 kursi .  PKS dan PKPI juga berhasil mendudukan wakilnya di dewan.
      Sementara itu perolehan PAN dibanding periode sebelumnya naik 1 kursi dari dua kursi periode silam. Sementara PDI-P hanya mampu bertahan dengan 4 kursi  . .  Sedang kemenangan Partai golkar yang menggondol 11 kursi dewan disebutkan bukan hal yang terlalu luar biasa dan sepertinya sudah menjadi kebiasaan dimana parpol penguasa di pemerintahan biasanya otomatis juga akan memperoleh kursi terbesar di dewan . sebelumnya  Golkar hanya memperoleh 4 kursi.
      Partai democrat mengalami penurunan dimana periode silam berhasil mendudukan 4 kursi . Hasil pemilu 2014 diperkirakan hanya berhasil mendudukkan 2 kursi saja. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar