Selasa, 28 Januari 2014

Gransi Dairi Surati KPU Soal Penggunaan Dana Pilkada



      Sidikalang-Dairi Pers : Ketua LSM Gransi Dairi Jonner Simbolon menyebutkan sudah dua minggu menyurati komisioner KPU Dairi meminta penjelasan berkaitan dengan penggunaan dana pilkada Dairi tahun 2013 sebesar Rp. 15,5 Miliar. “ Tentu ini kita lakukan karena sudah
ada beberapa masukan dan temuan serta pengakuan berbagai pihak jajaran KPU hingga di tingkat desa. Jadi perlu klarifikasi mengingat amanat KIP (Keterbukaan Infromasi Publik). “ sebutnya Jonner Rabu (22/1) di Sidikalang.
      Disebutkan Jonner beberapa item berkaitan anggaran yang diusulkan KPU Dairi dalam rangka pilkada sudah dikumpulkan dan masukan atas item yang diusulkan KPU dalam pengajuan anggaran juga telah ada . Publik tentu sangat berkepentingan mengetahui  penggunaan anggaran pilkada Dairi dan menjadi kewajiban KPU transparan atas anggaran tersebut.
      Amanat undang-undang transparansi mewajibkan pengguna anggaran Negara membukanya kepada public. Dan ini yang belum dilakukan komisioner KPU, sebutnya.
      Menjawab Dairi Pers atas berbagai dugaan penggunaan anggaran KPU Dairi dalam rangka pilkada Jonner menyebutkan itu sebabnya mereka butuh klarifikasi dari pihak KPU. Sehingga masukan yang mereka terima atas berbagai keluhan perangkat KPU hingga tingkat TPS dapat konfrontir. Kita sudah menyurati KPU satu kali namun hingga kini belum ada jawaban. Kita akan menyurati kembali dan menunggu jawaban “ sebutnya.
      Menjawaba jika kelak KPU Dairi enggan memberikan jawaban, Jonner menyebut tentu ada yang ditutupi dan itu membuka peluang bagi mereka dari lemabawag swadaya masyarakat menyampaikan aduan ke pihak terkait sesuai dengan masukan dan data yang telah dikumpulkan. Kita telah bertemu beberapa lembaga penegak hokum. Saat bertemu Ombudman Sumut kita disarankan menyurtai sampai tiga kali dan jika tidak ada tanggapan maka Ombudman siap bersama kita membukanya ditingkat kejatisu. INi agar semua terang benderang dan tidak ada yang ditutupi saiapa saja yang menggunakan anggran Negara.
      Sementara itu data yang dikumpulkan Dairi Pers Pilkada Dairi ditampung dalam bantuan Hibah perda Dairi No. 4 tahun 2013 yang mengalokasikan dana Rp. 15,5 Milar untuk KPU. Bantuan untuk Kodim 0206 Dairi Rp. 150 juta . Bantuan untuk Polres Dairi uantuk pengamanan Rp., 2,3 Miliar dan Panwaslu Rp. 1,5 Miliar. Sehingga diperhitungkan dana untuk pilkada Dairi yang bersumber dari APBD hampir Rp. 20 Miliar. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar