Rabu, 11 September 2013

Surat Suara Pilkada Dicetak 4 Pasangan



* Jika Ada Tereliminasi “ Blank”
      Sidikalang-Dairi Pers :  Percetakan surat suara pilkada Dairi tengah dilakukan pemenang tender disalah satu percetakan. Namun jika nanti ada keputusan dari DKPP  pelanggran anggota KPU yang berdampak salah satu pasangan
tereliminasi maka kertas suara yang telah dicetak tetap digunakan. Namun gambar peserta yang dinyatakan eliminasi dihitung blank atau Tidak masuk dalam perhitungan”
      Demikian disampaikan sekretaris KPU Dairi G. Purba saat diminta wartawan tanggapannnya perihal percetakan surat suara pilkada senin (2/9) di KPU Dairi. Disebutkan percetakan surat suara sesuai tahapan harus dilakukan sehingga pilkada dapat dilakukan pada jadwal 10 oktober 2013. Berkaitan dengan masalah yang terjadi di DKPP disebutkan bagian daripada tahapan pilkada dan jika nantinya ada perubahan formasi calon maka surat suara tidak diganti.
      Berkaitan dengan arti  blank dikatakan  pubra tidak dihitung sebagai peserta dan bisa juga langsung dicoret. Namun berkaitan dengan teknis tersebut kembali ke KPU Dairi pihaknya hanya menyelenggarakan adiministrasi dan sebagai kuasa pengguna anggaran yang bertugas mengurusi tender percetakan surat  suara  Soal teknis menjadi hak komisioner KPU sesuai aturan undang-undang.
      Sementara itu jumlah surat suara yang dicetak yakni sejumlah DPT ditambah 2 % sesuai aturan undang-undang. Proses tender dilakukan sesuai kekentuan undang-undang sedang panitia tender yakni dari bagian program pemkab Dairi yang telah lulus sertifikasi lelang pengadaan barang dan jasa. Jumlah pagu tender tidak lebih dari Rp. 300 juta.
      Sementara itu untuk pengadaan kotak suara disebutkan tahun ini tidak ada pengadaan kotak suara hanya rehap kotak suara saja. “ Kalau pengadan kotak suara itu harus dari nasional dan di daerah hanya rehap kotak suara saja” sebut Purba. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar