Rabu, 21 Agustus 2013

Join Pas 1 Passiona- Insanuddin 2 Pareme 3 Luhutma Donganta 4



·  Undi Nomor Sempat Tegang
·  Tak Satupun Panwas Kabupaten Muncul
·  Togar : Mungkin Suatu Pertanda Luhut Sebagai Pargomgom
Sidikalang-Dairi Pers : Setelah sehari KPU Dairi menetapkan pasangan sah cabup Dairi periode 2014-2019 kamis (15/8) melakukan pengundian nomor urut peserta cabup bertempat di balai karina Sidikalang.
Pengundian nomor dihadiri 4 pasangan cabup Luhut Matondang-MG Lingga, Pasiona Sihombing-Insanuddin Lingga, Pasangan Johnny Sitrohang-Irwansyah Pasi serta Pasangan Parlemen Sinaga-Reinfil Capah. Turut hadir Kapolres Dairi AKBP Enggar Preanom, Dandim 0206 Dairi, Ketua DPRD Dairi Delphi M Ujung serta muspida Dairi.
Sementara itu komisioner KPU Dairi seluruhnya hadir yakni Ketu Veryanto Sitohang, Surung Simanjuntak, Tambar Malem Br Sagala, Asal Padang serta Sudiarman Manik. Verianto sitohang yang bertindak membuka acara untuk pengundian nomor sempat mendapat interupsi dari ketua Pemenangan Parlemen Sinaga Pisser Simamora dan Sugar Ray dari tim pemenangan Luhutma Donganta. Namun demikian interupsi yang disampaikan dua ketua tim pemenangan ini tidak digubris KPU yang mulai membuka acara pencabutan nomor.
Very menyebutkan tidak ada  interupsi dalam agenda tersebut. Sementara kedua tim ini menyatakan kalau agenda  yang dibuat KPU adalah rapat terbuka sehingga mereka melakukan interupsi. Masalah ini sempat membuat tegang hingga ketua KPU Dairi Verianto meminta Kapolres untuk mengeluarklan ketua Tim pemenangan Parlemen. Dandim 0206 Dairi juga terlihat beranjak masuk ke barisan pendukung calon dan semakin ramai karena langsung diserbu para jurnalis yang bertugas. Terjadi adu pendapat antara tim dan Dandim. Namun saat panwas kecamatan Sidikalang Jenny Pandiangan  diberikan berbicara mengatakan rapat terbuka artinya untuk umum dan bukan untuk protes hingga sidang dilanjutkan.
KPU Dairi juga sempat kewalahan karena pendukung tim meminta dibacakan Tatip KPU yang melarang adanya interupsi. Namun hingga rapat dilanjutkan KPU tidak membacakan tatip dimaksud.
Panwas
Sementara itu terjadi suatu keanehan karena tak satupun panwas Dairi yang hadir dalam acara pencabutan nomor tersebut. Hotmaida Capah, Gaberel Sinaga dan Angkat panwas kabupaten Dairi sama sekali tidak hadir dalam acara pencabutan nomor. Hingga acara selesai tak satupun pihak yang dapat dikonfrimasi berkaitan dengan ketidakhadiran wasit pelanggaran pilkada itu.
Sementara itu menurut Jenny  kalau trio pengawas Pilkada Dairi itu tengah di panggil menghadap Bawaslu . Mereka ditugaskan ketua menwakili untuk agenda pencabutan nomor .. Isu lain juga menyebutkan kalau ketriganya diduga sengaja tidak hadir karena khawatir ketika hadir akan menjadi  polemic akan tangung jawab mereka soal kelengkapan administrasi salah satu pasangan calon dimana sebelumnya telah mereka keluarkan surat tertanggal 13 Agustus kalau berkas kelengkapan administrasi JS  Tidak lengkap.
Keterangan Jenny Pandingan jsutru bertolak bekalang dengan fakta surat penugasan mereka justru dikeluarkan kepala sekretariat Panwas Judit Napitu. Beberapa panwas kecamatan ini justru mengantongi surat tugas yang ditandatangani kepala sekretariat yang nota bene PNS. Sementara aturan harusnya panwas kecamatan dapat ditugasi oleh ketua panwas Kabupaten bukan kepala sekretariat yang merupakan PNS.
Sementara itu dalam pengundian nomor urut dimulai dua tahap yakni pengundian nomor antri pencabutan serta pengundian nomor urut. Saat dilakukan pengundian Join Pas mendapat nomor 1, Pasiona-Insanuddin nomor 2, Parlemen Sinaga-Reinfil nomor 3 dan Luhut Matondang- MG Lingga Nomor 4 .
Pargomgom
Ketua Umum pemenangan  Tim  Luhutma Donganta Togar Pasaribu yang diminta komentarnya atas nomor undian 4  menyatakan nomor urut 4 justru menjadi unik dengan nama Luhutma Donganta dimana sepertinya semua pasangan dirangkum oleh nomor terakhir tersebut sebagai Pargomgom. “ Ini suatu pertanda baik dimana rakyat Dairi inginkan kenyamanan dan Dairi Baru sehingga diharapkan semua bersama menjadi sahabat dari luhut dalam pilkada Dairi. Dari awal Luhutma Dongannta menerapkan persahabatan ( Donganta) sebagai singkatan nama dan justru singkron dengan nomor 4 sebagai nomor urut terakhir yang menandakan Luhutlah yang menjadi Pargomgom bagi semua pasangan calon yang ada . Maka dengan undian nomor 4 semakin menyakinkan kalau nomor tersebut berkah bagi semua orang di Dairi  sebutnya. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar