Senin, 22 Juli 2013

Pak Belalang



      Legenda Budayawan  Malaysia P . Ramlee untuk pertama kalinya memfilmkan “Pak Belalang”. Kisah orang susah , kerja serabutan yang akhirnya sukses karena berbohong. Hidupnya benar-benar karena nasib meski hampir-hampir ketahuan. Perjalanan hidupnya selalu diujung tanduk karena memang berbalut kepalsuan dan kebohongan.
Dan dalam cerita  pembohong beruntung ini sempat menempati jabatan bergengsi penasehat raja.
      Suatu hari gerombolon penyamun menyembunyikan harta rampasan di hutan dan kala pak belalang dan anaknya si belalang mencari kayu  dihutan melihat gerombolon itu. Maka ketika raja membuat sayembara kepada dukun  siapa yang berhasil menemukan jejak harta raja maka akan diberi hadiah. Puluhan dukun sudah mencoba  namun gagal . Dengan berpura-pura menjadi dukun Pak belalang memberitahukan kalau harta raja ada di hutan. Dan saat dicek benar. Sejak saat itu dia digelari dukun sakti.
      Terus berlangsung dan penuh keberuntungan hingga suatu saat sang raja bertarung dengan raja lain kemampuan dukunnya. Karena takutnya diadu pak belalang lari hendak menyeberang lautan dan ternyata raja seberang bersama dukunnya yang akan bertarung kemalaman dan pak belalang bersembunyi dibawah perahu yang ditumpangi raja dan dukun yang akan bertarung tersebut . Dukun dan raja bercerita akan 3 pertanyaan yang akan dilontar serta apa  jawabannya. Dan enak saja pak belalang merekam.
      Karena sudah tahu jawaban pak belalang kembali dan pertandingan dimulai. Dengan enteng pak belalang menjawab tiga pertanyaan yang dilontar dengan pertaruhan  negara itu . Meski telah kalah 3 pertanyaan sang raja yang kalah  meminta satu pertanyaan lagi sebagai pertanyaan ke 4 dan jika dijawab maka Negara ikhlas diberikan. Pak belalang pucat dan kewalahan  . Saat disetujui dukun seberang bertanya apa yang ada di kepalan tangannya. Pak belalang karena memamng bukan dukun dan hanya factor keberuntungan selama ini  menangis dan memanggil nama belalang. Dukun palsu itu menjerit memangil anaknya si belalang. Dan ternyata dukun seberang berkata benar yang ditangannya seekor belalang. Kembali pembohong itu beruntung.
      Sungguh cerita tahun 1959 juga berlaku hingga kini. Ada juga manusia yang hidup dari kebohongan. Besar dari hasil berbohong. Hidup nyaman dan jadi orang besar  bermodalkan kepalsuan. Pembohongan dan kebohongan terus diternakkan dan bahkan diwariskan kepada sahabat dan keturunan. Meski tanpa notaris organisasi kebohongan dibangun dan peraturaannya cukup tegas di ikat dengan satu syarat semua anggota harus “ siganjang dila”. Bagi yang ingin bergabung harus menjalani test keahlian dalam berbohong. Semua anak buah wajib pembohong.
      Pak belalang jaman modern banyak tersebar dan menempati posisi strategis di negara ini. Mereka semakin subur dan berkembang biak karena menemukan habitatnya. Gayus tambunan salah satu contoh yang ahirnya terhenti dari kebohongan. 293 kepala daerah hidup dari berbohong katakan bersih namun saat diperiksa KPK gol kasus korupsi . 
      Fenomena Pak Belalang mewabah dan parahnya banyak  rakyat  yang suka  kebohongan. Dengan sedikit suntikan materi dan janji maka rakyat mau saja diperkuda. Lebih parah malah membanggakan raja pembohong dan menyebutnya pahlawan.
      Dalam alam modern Pak Belalang bukan hanya penasehat raja lagi.  Namun bagi yang bernasib mujur menjadi seorang raja. Dasar sudah sifat dan tabiat semasa raja sifat tidak dapat dirubah. (Chief Of Editor)

1 komentar:

  1. TOKO NABILA SAIRA SHOP JUAL HANDPHONE TERBESAR TERLENGKAP TERMURAH TERPERCAYA Produk dijamin asli orginal.Dapatkan harga promo Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya BERMINAT HUB-SMS 085-757-299-675>BBM INVET PIN: 24C4A399 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://nabila-saira-shop.blogspot.com/
    Ready Stock! Samsung Galaxy S4 Mini Rp.2,500.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5 Rp.2,700.000
    Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
    Ready Stock! BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
    Ready Stock! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
    Ready Stock! Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy S III Mini.Rp.1.800.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000
    Ready Stock ! BlackBerry Curve 9360 Apollo Rp.950.000

    BalasHapus