Senin, 22 Juli 2013

4 Pasangan Mendaftar ke KPUD Dairi



·              Ada Partai Ganda
               Sidikalang-Dairi Pers : 4 pasangan bakal calon bupati Dairi periode 2014-2019 mendaftarkan diri ke KPUD Dairi. Dengan berbagai tampilan ke empat pasangan ini mendaftarkan diri sejak 1 Juli s/d 6 juli ke kantor KPUD Dairi. Sedang satu pasangan yang dahulunya maju dari jalur perseorangan Pdt Samuel Sihombing- Rudy Sembiring akhirnya
tidak mendaftarkan diri. Disebut sebut pasangan ini dalam persyaratan dukungan KTP belum memenuhi syarat.Sedang partai pengusung non kursi Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru, Partai Persatuan Nasional, Partai Gerindra, Parti Demokrasi Pembaharuan dan Partai Pemuda Indonesia
      Pada hari yang sama pasangan incumbent Johnny Sitohang-Irwansya Pasi, SH mendaftarkan diri diiringi ribuan massa. Pendaftaran pasangan ini diramaikan dengan barisan mobil dan sepeda motor hingga menjadi pusat perhatian .Dengan berbagai kendaraan mewah dan mobil pariwisata pasangan ini diarak mengelilingi Sidikalang. Pasangan yang disebut Join Pas ini berdiri diatas mobil doble kabin yang melambaikan tangan sepanjang jalan kota Sidikalang.
      Pasangan join pas dimajukan oleh satu partai yakni partai Golkar yang berjumlah 4 kursi di DPRD Dairi. Namun partai ini cukup persyaratan memajukan satu pasangan calon karena akumulasi perolehan suara cukup untuk mengusung pasangan. Meski sebelumnya Johnny Sitohang sebagai Bupati Incumbent menyebutkan didukung partai demokrat dan PAN namun dalam pendaftarannya sama sekali tidak terbukti. Hanya partai Golkar yang mengusung pasangan ini dimana Johnny Sitohang adalah juga ketua partai Golkar Dairi.
      Sedang pada 4 Juli pasangan Drs. Passiona Sihombing-Insanuddin Lingga resmi mendaftarkan diri ke KPUD Dairi . Pasangan ini memajukan persyaratan partai pengusung yakni PDIP 4 kursi dan partai Barnas 1 Kursi. Beberapa partai Non seat juga terlihat muncul sebagai partai pendukung seperti PKB dan PPP, dan PBB. Pasangan ini juga maju dengan persyaratan minimal 5 kursi. Dalam pendaftaran  terlihat sederhana hadir dengan ratusan pendukungnya di KPUD Dairi. Usai pendaftaran pasangan ini melaksanakan syukuran di halaman gedung nasional yang dihadiri simpatisan PDI-P partai pendukung dan pengusung  serta massa pendukungnya
      Sementara itu dihari terakhir pendaftaran muncul pasangan Luhut Matondang-MG Lingga. Pasangan ini mendaftar diiringi ribuan pendukungnya dengan berjalan kaki menuju KPUD Dairi. Pasangan ini dihantarkan langsung ketua-ketua Partai pendukung. Sekitar 22 partai pengusung dan pendukung menjagokan pasangan ini. Meski dikenal sebagai pengusaha sukses kelahiran Sidikalang namun Luhut dalam proses pendaftarannya justru tampil sederhana mengenakan pakaian adat Toba sedang wakilnya pakaian adat Pakpak.
Partai Ganda
      Sementara itu dari partai pendukung yang didaftarkan ke KPUD Dairi oleh balon Bupati ini terdapat partai yang ganda memberikan dukungan kepada dua balon Bupati. Partai ganda tersebut yakni partai Buruh yang memberikan dukungan kepada pasangan Parlemen Sinaga –Reinfil Capah dan juga dukungan kepada Pasangan Luhutma Donganta. Demikian juga partai Barnas yang memberikan dukungan kepada Pasangan Passiona Sihombing-Ihsanuddin Lingga serta dukungan kepada Pasangan Luhutma Donganta.
      Ketua KPUD Dairi Verianto Sitohang menyebutkan  KPUD Dairi akan melakukan verifikasi partai pendukung ke kantor DPP  (Dewan Pimpinan Pusat ) partai yang menyatakan mengusung para balon bupati. Tujuannya untuk diketahui keabsahan pengurus partai politik yang mengusung di kabupaten. Atas dasar itu KPU dapat memberikan putusan sebelum menetapkan pasangan calon bupati Dairi periode 2014-2019.
      Sementara itu keterangan yang berhasil dikumpulkan Dairi Pers menyebutkan beberapa partai yang memberikan dukungan ganda kepada dua balon bupati akan diverifikasi keberadaannya ke pengurus pusat partai yang bersangkutan sehingga diketahui mana sebenarnya pengurus partai yang resmi dan berhak memberikan dukungan kepada bakal calon Bupati. Pengurus partai di kabupaten yang tidak diakui pengurus partai di DPP selanjutnya akan dideponir dari dukungan dan hal itu akan berpengaruh bagi balon bupati yang memajukan persyaratan partai pendukung yang memajukan persyaratan kursi minimal 5 kursi.
               Hasil verifikasi parpol pendukung ini akan diumumkan KPUD Dairi pada 20 Juli sekaligus menetapkan pasangan calon bupati Dairi yang memenuhi syarat  bertanding pada 10 oktober 2013. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar