Kamis, 04 Juli 2013

DPS Dairi Menjadi 207.678




·       Hingga 17 Juli Pemilih Dapat Mendaftar
      Sidikalang-Dairi Pers :  Gelombang reaksi sejumlah tokoh  Dairi ta munculnya jumlah pemilih Dairi menjadi 233.000 orang padahal dua bulan sebelumnya dalam pilgubsu jumlah pemilih hanya 194.000 telah disikapi KPUD Dairi setelah melakukan pemutahiran Data. Kini jumlah Daftar Pemilih Sementara untuk pilkada Dairi menjadi 207.678.

Gelombang reaksi tingginya jumlah pertambahan calon pemilih Dairi hingga 39.000 suara itu dianggap tidak masuk akal bahkan dicurigai bertendensi negative dan awal dari kecurangan pilkada. Sejumlah tokoh Dairi yang melakukan protes yakni ketua MPC PP Dairi Selamat Ujung, Ketua IKPPI  Ahmad Padang, Kretua Forkala Raja Arding Ujung , ketua LSM Grnasi Dairi Jonner Simbolon serta sejumlah tokoh lainnya melakukan protes dan mengingatkan KPUD Dairi untuk berjalan sesuai koridor aturand alam tahapan pilkada.
ketua KPU Dairi Verianto Sitohang dalam rapat pleno daftar pemilih sementara (DPS)   Pemilu Kepala Daerah dan wakil kepala Daerah kabupaten Dairi tahun 2013 di kantor Komisi Pemiluhan Umum  senin 24/6.menjelaskan kalau jumlah pemilih sementara hingga saat ini mencapai 207.678 orang dan masih diberi kesempatan kepada warga Dairi untuk mendaftarkan dirinya menjadi pemilih hingga tanggal 17 Juli 2013 dan langsung mendaftar ke PPK dengan membawa KTP dan KK. Verianto juga mengajak seluruh masyarakat untuk memeriksa namanya di DPS yang ada di kantor kantor pemerintahan,apakah ada terdaftar atau tidak sehingga ketika pemilukada dilaksanakan tidak lagi terjadi persoalan kenapa namanya tidak terdaftar menjadi pemilih.peran serta masyarakat diharapkan aktif dan respon.

Verianto juga menegaskan,masyarakat yang boleh memilih nantinya adalah pemilih yang namanya sudah tercetak didaftar  pemilih tetap (DPT),dan apabila saat pelaksanaan pilkada dilaksanakan,walaupun masyarakat tidak mendapatkan formulir C6 yaitu surat undangan turut memilih,masyarakat yang terdaftar di DPT tetap bisa memilih dengan menunjukkan KTP dan namanya ada tercetak di DPT. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar