Kamis, 23 Mei 2013

Ir Luhut Matondang Pengusaha Sukses, MG Lingga, SH Birokrat Bersih Berpengalaman


Mewujudkan Kabupaten Dairi Yang Harmonis Dan Sejahtera
       Sidikalang-Dairi Pers :  Pengusaha sukses Dairi yang berkiprah di tingkat nasional Ir Luhut Matondang yang telah menyatakan siap bertarung untuk pilkada Dairi 2014-2019 menyebutkan motto “ mewujudkan Kabupaten Dairi  Yang Harmonis Dan sejahtera”. 
Kehidupan yang harmonis merupakan hal pertama yakni mewujudakan keharmonisan berbagai keberagaman Agama, suku , budaya , adat istiadat serta semua elemen yang ada di Dairi. Sedang kesejahteraan merupakan rencana jangka panjang  yang dapat diraih ketika rakyat dan pemerintah sejalan , satu visi dan benar-benar komit terhadap pencapaian tujuan.
 
       Ir Luhut Matondang di dampingi calon wakil bupati  MG Lingga SH menguraikan tidak sulit membangun Dairi ketika dimulai dari keharmonisan semua elemen yang ada. Menciptakan keharomisan semua penghuni kabupaten Dairi tidak sulit ketika pemerintah bertindak sebagai fasilitator  memberikan hak dan kewajiban rakyat secara proporsional. Seorang pemimpin daerah harus bersifat negarawan yang dapat memberikan perubahan kesejahteraan rakyat kearah yang lebih baik.
       Paling utama rakyat merasakan kenyamanan  dan merasa ada gunanya kehadiran seorang bupati. Selama rakyat merasa dan menilai seorang bupati  hanya mementingkan pribadi dan kelompok maka selama itu juga kesejahteraan akan sulit dicapai. Maka kuncinya seorang kepala daerah harus tulus melihat dan mampu menjawab keluh kesah rakyat . Jika hanya sekedar simbol saja maka marwah pemerintah dimata rakyat juga akan tergerus, saat tergerus ketidak percayaan maka apapun yang dilakukan pemerintah menjadi negative dimata rakyat . Jadi kuncinya rakyat merasa ada arti kehadiran  seorang bupati , Ujar Matondang.
       Luhut Matondang ketika dipertanyakan bagaimana pengamatannya akan potensi Dairi dan kesejahteraan rakyat Dairi mengatakan sungguh secara kasat mata banyak potensi yang dapat dibuat agar rakyat dapat memperbaiki ekonominya. “ Potensi Dairi itu luar bisa . Dairi itu istimewa mempunyai tanah yang subur, Potensi tambang yang luar biasa, pariwisata  yang luas, Potensi sungai yang dapat menjadi sumber energy dan banyak lagi . Melihat data jumlah kepala keluarag di Dairi yang berada di garis kemiskinan  mencapai puluhan ribu kepala keluarga . Maka menjadi PR siapapun bupati untuk menggali potensi itu, mengikutkan rakyat berbuat di dalamnya sehingga akan tercipta perbaikan ekonomi dan pendapatan rakyat. Mewujudkan kesejahteraan rakyat Dairi bukan hal mudah dan itu butuh upaya kerja keras , keseriusan  dan ketulusan, melibatkan rakyat dan paling utama kepala daerahnya memang mau dan tulus berbuat untuk rakyat. Tidak cukup hanya dalam tiori, sebut Pengusaha Hotmix Sumut tersebut.
       Hal senada juga diungkapkan MG Lingga yang terlihat santai dan terlihat cair dalam pembicaraan membangun Daiuri harus dilihat dari keberagaman rakyatnya. Saya memahami apa yang terjadi ditengah rakyat Dairi karena saya tinggal di Dairi dan faham betul bagaimana birokrasi dan tata pemerintahan Dairi. Selama berkeliling dan membaur dengan rakyat banyak harapan yang belum terwujud dan yang paling saya garis bawahi harapan rakyat yakni adanya perbanikan ekonomi. Peran pemerintah sangat  dinanti rakyat secara nyata dan tidak hanya sebatas bentuk wacana  saja. Saya melihat rakyat sangat menginginkan jaminan bagaimana agar harga panennya tidak anjlok, 
       Disisi lain terlihat ada kejenuhan di tingkat petani karena sepertinya menjadi petani tidak ada jaminan untuk hidup sejahtera. Maka menjawab itu jika pasangan kami diberikan rakyat kepercayaan memimpin Dairi harus mampu menjawab jaminan harga. Mendirikan pabrik pengolahan bahan baku menjadi bahan jadi  menjadi salah satu cara. Atau seminim mungkin pemerintah harus membuka akses pemasaran sehingga menyingkat rantai pemasaran yang silishnya dapat meningkatkan harga jual panen petani. Beberapa cara lain juga untuk menjaga harga panen rakyat juga masih ada. Jika itu tidak dapat diwujudkan maka rakyat akan menilai sebuah kegagalan. Saya mendapat masukan dari rakyat sebuah pemerintahan tidak jamannya lagi hanya berpidato   namun nyata berbuat. Mereka sudah jenuh dengan serba kekurangan dan kesulitan hidup . Dan itu menjadi tugas berat namun harus mampu dijawab “ sebut Lingga.
       Pasangan Ir Luhut Matondang –MG Lingga, SH merupakan pasangan ideal dengan spesialisasi berbeda yang piawai  di bidangnnya .  Luhut Matondang dikenal sosok wiraswasta berhasil . Pengusaha sukses Sumatera Utara yang dilahirkan di Batang beruh , Sidikalang, Dairi tersebut dalam track record kerjanya merupakan sosok yang mempunyai jaringan hingga ke pemerintah pusat. Kecilnya DAU dan rendahnya DAK Dairi diperkirakan akan mudah ditingkatkan vigur ini seiring reputasi dan jaringan persahabatannya yang telah menasional. Pengusaha dan ketua asosiasi pengusaha aspal hotmix ini mempunyai jaringan persahabatan hingga sekelas dirjend dan menteri yang menjadi harapan baru bagaimana membawa perbaikan di Dairi.
       Sementara MG LIngga, SH merupakan sosok PNS bersih yang pensiun dari jabatan kepala Inspektorat Dairi. MG Lingga, SH juga sosok yang cukup mapan dalam dunia birokrat yang menguasaai hukum pertanahan karena beberapa tahun  menjabat kepala Badan Pertanahan di Dairi. Sedang kiprahnya di pemkab Dairi pernah menjadi kepala dinas perhubungan , pariwisata, pemuda dan olah raga. Juga pernah menjabat kepala inspektorat Dairi.
      Alumnus Universitas Indonesia  ini mempunyai pengalaman birokrat  luas di level eselon dua   menjadi garansi perpaduan kepiawaian sumberdaya manusia  yang telah teruji . Pasangan ini merupakan pasangan ideal yang mampu membawa perbaikan kesejahteraan di Dairi. Secara sosial justru MG Lingga , SH mempunyai resputasi tidak terniali dimata masyarakat jelata . MG Lingga dikenal paling suka berinteraksi di kelas rakyat bawah yakni menghadiri undangan pesta dan melayat jika ada kemalangan . Bahkan kebiasaannya ini disebut banyak orang menjadi hobby unik seorang pejabat Dairi. (R.07)

2 komentar:

  1. group saroha jl. sisingamangara Sumbul mendukung terlaksannya pilada dairi yang adil, nyaman dan tansparan. dengan ikutnya bapak Luhut matondang dengan paket Maradu Lingga bupati /wakil bupati 2014-2019 mari warga dairi manedukung Luhutma donganta yg akam membuat pembaharuan

    BalasHapus
  2. bukan janji, tapi bukti..

    itu yang ditunggu masyarakat dairi

    BalasHapus