Rabu, 20 Maret 2013

Pilkada Dairi Belum Pasti


· Akui DPT Pilgubsu Kurang  Valid
· Warning Angka Golput
Sidikalang-Dairi Pers :  Hingga kini tidak dapat dipastikan  apakah pilkada Dairi jadi digelar pada September 2013 atau tidak. Hal itu dikarenakan dana penyelenggaraan pilkada hingga kini
belum jelas dari pemkab Dairi. Demikian ketua KPUD Dairi Verianto Sitohang sesaat dalam perhitungan suara pilgubsu selasa (122/3) di gedung nasional Sidikalang.
Dikatakan hingga kini KPUD Dairi tidak berani memastikan apakah pilkada akan jadi digelar atau tidak karena keberadaan dana untuk pelaksanaan itu belum pasti dari pemkab Dairi. “ sekalipun telah disepakati dan dana ditampung Rp. 15,5 Miliar namun kita belum dapat memastikan karena belum ada arahan dari pemkab Dairi “: sebut Veryanto.
Very mengakui kalau sebenarnya tahapan pilkada Dairi harusnya sudah mulai pada bulan maret 2013. Namun hingga kini belum ada kepastian keuangan maka KPUD Dairi memilih “ Wait And See”
Hal senada juga diungkapkan angghota KPUD dari Simanjuntak yang mengakui kalau tahapan pilkada Dairi dimulai maka “argo” telah jalan. “ siapa yang tanggung jawabai itu karena begitu kita mulai tahapan maka biaya sudah pasti keluar sementara sekarang posisin anggran belum pasti. Maka kita menunggu saja “ ujarnya.
Di duga kuat pemkab Dairi hingga kini tidak membuat perbup perihal R APBD 2013 sehingga semua hal berkaitan dengan agenda pemerintah menjadi terhalang. Bukan itu saja kemelut R APBD Dairi 2013 masih tetap terjadi bahkan hingga kini tidak jelas dasar hukum penggunaan uang di pemkab Dairi.
DPT Tidak Valid
Sementara itu menjawab keluhan atas DPT Pilgubsu Dairi yang tidak valid Ketua KPUD Dairi Veryanto Sitohang mengakui dan hal itu. “ Saya juga tidak setuju jika demikian DPT ini harus tugas utama dan saya pastikan tidak mau menjalankan pilkada  Dairi jika DPT ini tidak valid. Ini PR utama KPUD Dairi memasuki pilkada 2013 jika tidak bisa masalah besar nantinya dalam pilkada Dairi “ tegasnya.
Menjawab mengapa hal itu terjadi sementara dana untuk pemutahiran data ada diterima KPUD Dairi Very menyebutkan kalau data itu dibagikan kepada kepala desa dan kepala desa menggunakan kepala lingkungan untuk pemutahiran. “ kemungkin tidak dilakukan para kepala lingkungan maka demikian keberadaan DPT kita “ sebut Veryanto.
“ saya tidak mau jika begini keberadan DPT dan saya sampaikan ini akan dimutahirkan dan mohon partisipasi semua untuk perbaikannya sebelum pilkada di mulai “ jelasnya.
Golput Menang
Menjawab jumlah angka Golput di Dairi yang mencapai 50 % veryanto menyebutkan harusnya parpol dan para calon memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya . “ Semua pihak terutama parpol harus ikut dalam memberikan pencerahan politik kepada masyarakat pemilih. Ini merupakan bagian dari tanggung jawab bersama. Angka demikian sebenarnya tidak baik dalam demokrasi “ sebut Veryanto. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar