Rabu, 20 Maret 2013

Nama Johnny & Passiona Dominasi Diskusi Rakyat


· Sejumlah Nama Baru Muncul
      Sidikalang-Dairi Pers : Memasuki pertengahan maret 2013 nama Johnny Sitohang dan Drs. Passiona Sihombing ,MBA masih mendominasi bahan diskusi rakyat  kelas bawah di Dairi untuk pilkada 2013.
Kendati demikian sejumlah nama baru juga dibicarakan namun kurang menjadi bahan diskusi yang hangat.
      Pantauan Dairi pers dibeberapa warung dan termpat berkumpulnya masyarakat awam Dairi nama Johnny Sitoihang –Irwansyah pasi, SH  dan Drs,. Passiona Sihombing –Insanuddin Lingga, S. Sos, M. Si menjadi bahan diskusi hangat dan disebut bakal bersaing sengit. Nama incumbent disebut masih kuat dan mapan untuk bertarung di periode kedua. Namun demikian pendapat tak kalah seru juga menyebutkan kalau sosok Passiona-Insanuddin merupakan lawan tangguh karena muncul pada waktu yang tepat dan mewakili kultur masyarakat Dairi yang pelangi.
      Kedua pasangan ini diyakni komposisi hampir sama yakni pasangan pelangi suku dan agama. Pasangan Johnny mengandeng Pakpak muslim yang berlatar birokrat sedang passiona juga berpasangan dengan Insan Lingga yang beragama  muslim Pakpak dan birokrat. Bahkan diyakini latar calon wakilnya yang STPDN lebih matang secara akademis karena alumni STPDN .  Demikian juga dari partai pendukung merupakan partai yang punya massa besar  yang selalu bersaing dalam setiap pemilihan di Dairi.
      Namun demikian letak kelebihan Johnny bertumpu pada tiga kekuatan yakni Karakterdes Partai, Kunker bersama birokrat dan pernah memberikan peluang kepada kepala desa berkunjung ke yogyakarta. Rencana tahun ini semua istri kepala desa akan diajak ke Yogyakarta dengan dana dari APBD Dairi. Hal ini juga akan menambah kekuatan incumbent.
      Sementara Pasangan Passiona-insanuddin letak kekuatannya adalah simpati rakyat pada kelas bawah dimana kedua pasangan ini sejak munculnya memang berpola sederhana, punya program terukur dan tidak mengumbar janji. Pasangan ini juga dianggap mewakili pasangan muda yang energik dan paham betul perihal birokrat pemerintahan Dairi karena Insanuddin berkarir mulai dari PNS kecil ,menjadi lurah, Camat dan kepala bidang dibeberapa dinas di Dairi.
Nama Baru
      Sementara itu satu pasangan baru mendeklarasikan diri di Jakarta namun untuk balon Bupati Dairi. Pasangan MG Lingga-Bosmen Silalahi (Madu Bos). Menyatakan diri sebagai balon bupati Dairi. Namun belum dipastikan partai yang mengusung  pasangan ini. Nama Marisi Sinaga, Parlemen Sinaga dan Delphi M Ujung juga kerap terdengar namun hingga kini masih sebatas wacana dan belum mendeklarasikan diri untuk balon Bupati.
      Sementara itu juga disebut kalau Ir. Luhut Matondang juga bakal bertarung untuk pilkada Dairi namun hingga kini belum diketahui kepastiannya. Konon beberapa partai gurem telah bersiap memajukan vigor pengusaha sukses asal Dairi tersebut.
          Dari berbagai sumber di masyarakat bawah muncul pendapat jika pasangan lebih dari lima maka kesempatan incumbent untuk dua periode cukup tinggi . Alasan yang dilontarkan suara akan pecah sedang incumbent punya persiapan yang sudah lama dan cukup panjang. Namun demikian berbagai kegagalan dalam pemerintahan mereka bisa menjadi sandungan untuk merebut kembali kursi untuk kedua kalinya. Secara umum rakyat menilai banyak janji kampanye pasangan Johnny –Irwansyah ini tidak terbukti saat menjabat  (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar