Rabu, 20 Maret 2013

Gurita Membelit Dairi


Johnny Tak Terkalahkan
Sidikalang-Dairi Pers : Tokoh pemuda sekaligus pengamat Dairi Selamat Ujung menyebutkan Bupati Incumbent Dairi Johnny Sitohang tidak akan terkalahkan siapapun dalam pilkada mendatang. Tembok dinasti yang dibangun begitu kokoh dan telah menyaru pada semua lini mulai dari tokoh agama, birokrat,
Sosial, pemuda hingga APBD. “ Nyaris tidak akan ada vigur yang bisa menandinginya”
Demikian diungkapkannya kepada Dairi Pers selasa (12/3). Diuraikan tembok jaringan politik yang dibangun sangat kokoh hal itu terlihat dari bidang social dan birokrat pemerintaan desa  dimana bupati memberikan keleluasan dan kesempatan bagi kepala desa untuk berkunjung ke Yogyakarta. Ini merupakan pengalaman pertama bagi kepala desa dan mempunyai magnet yang semakin mendekatkan bupati dan para kepala desa.
 Meski kepala desa dilarang dalam undang undang ikut politik praktis  namun bukan tidak mungkin rasa simpati kepala desa akan timbul dan secara sembunyi-sembunyi akan berubah menjadi Tim sukses terselubung. Tentu hal itu semakin tangguh ketika seorang oknum camat juga digerakkan mengkordinir para kepala desa. Otomatis oknum camat akan terlibat politik praktis karena kini banyak caleg Golkar justru istri camat . Jadi sangat jelas benang merahnya . Jaringan itu begitu kokoh dan stabil
          Tembok dinasti semakin kuat ketika diberikan keleluasan bagi para tokoh agama berangkat mengujungi Yerussalem dan tokoh islam ke Mekah melakukan umroh. Menilik urgensinya dengan keberdaan keuangan di Dairi sebenarnya belum tepat namun hasil dari “pemanjaan” itu   tentu akan sangat berpengaruh pada ikatan batin bupati incumbent dengan lini para tokoh agama yang telah menikmati indahnya ke luar negeri menggunakan anggaran daerah. Ikatan batin itu tentu bisa digunakan dalam jaringan pemenangan pilkada mendatang. Hal itu cukup berdasar karena tokoh agama tentu adalah orang orang yang mengerti balas budi.
          Menjawab jika dana yang digunakan kepala desa  dan tokoh agama tersebut  bersumber dari APBD, Selamat Ujung menyebutkan hal itu tidak terlalu mempengruhi cara berpkir pihak-pihak yang diberangkatkan karena yang terpikir bagi mereka adalah perhatian Bupati yang memikirkan selera mereka. Ini akan efektif ketika digunakan dalam jaringan pemenangan memuluskan program bekerja untuk rakyat Jilid II.
          Dari ekploitasi birokrat justru mesin itu kini berlari kencang ditandai dengan  program kunker (kunjungan kerja) dilakukan sekali dalam 3 minggu. Maka akhir periodenya  kunker dilakukan sekali dalam dua minggu. Ini akan efektif bagi rakyat dan sanggup mengangkat popularitas Johnny di mata rakyat sekalipun dana untuk kegiatan itu tidak pernah terlihat dalam APBD. Berbagai komentar positif muncul dari masyarakat awam yakni “ baru ini bupati tidur di desa. “ baru ini seorang bupati bersalaman dengan petani dan banyak hal ungkapan yang menguntungkan bupati incumbent.
          Saat ditanya justru hingga kini hasil dari kunker itu tidak pernah dipublikasikan dan tidak jelas alat ukur keberhasilannya. Dijawab Selamat kalau soal penilaian akademis itu tidak pernah menjadi pemikiran rakyat desa. “ Rakyat desa itu tidak sampai sedalam itu mengkritisi dari mana sumber dananya, apa hasil nyata kunker itu bagi mereka. Pokoknya yang ada di fikiran rakyat  awam adalah yang ringan-ringan senang berjumpa pemimpin dan bisa bersalaman. Bisa terhibur dengan kibod . bisa dapat sawer Soal setelah bersalaman tambah makmur atau tidak ada gunanya dalam kesejahteraan mereka bukan menjadi bahan penilaian rakyat “ jelas Selamat.
          Penggerakan sendi-sendi kehidupan baik sosial, birokrat, keagamaan sangat efektf dalam membangun dinasti  kekuasaan. Dan kini Johnhny Sitohang juga sudah membangun citra diri di level pemuda ditandai dengan pelantikan karang taruna karang taruna yang ada di desa. Jaringan di kalangan pemuda ini dibangun dan hal itu akan mengangkat citra Johnny yang tentu bisa menjadi senjata kelak mensukseskan  jilid II kekuasan sebagai Bupati Dairi.
          Dalam lini mitra dan kroni masih sangat solid dan kuat dimana sejak awal memerintah tercatat sejumlah nama yang diberikan keistimewaan dalam jasa borongan. Para pelaku swasta ini menjadi kroni kuat dan dapat digerakkan menjadi banper capital permodalan ketika dibutuhkan. Jaringan itu kuat dan kroni yang dipupuk akan dapat digerakkan dalam pengumpulan dana.  Sejumlah nama rekanan pemborong di Dairi tetap bertengger di papan atas dan menjadi prioritas dalam mendapatkan jasa borongan di pemerintahan.
          Mesin partai golkar merupakan mesin yang dinamis berputar dan ke efektifannya hingga dusun dan lingkungan ., Kader partai ini masih solid dan itu tidak lain karena kemampuan manajerial ketua partai golkar Dairi  dan kebetulan menjabat bupati merupakan keberuntungan yang akan bisa semakin menyempurnakan putaran mesin partai   . Sejumlah pelatihan dan kadernisasi di partai ini terus berjalan dan ini menjadi salah satu mesin politik yang tentu harus dimainkan saat tahapan pilkada di gelar.
          Selamat Ujung menilai Johnny Sitohang bakal tak terkalahkan calon yang lain karena kini jaringan dinasti itu  terus menguat terbukti dengan apa yang terjadi dalam fenomena  DPRD Dairi. Meski hanya 4 saja utusan Golkar di legislative namun secara nyata harus diakui  SDM berpolitik ke empat kader ini mendominasi dan mengungguli  dewan yang ada di DPRD.
          Gonjang ganjing dalam R APBD Dairi 2013 yang masih dualisme antara Perbup dan Perda tentu akan memuluskan Dinasti Johnny mengekalkan kekuasan ketika DPRD Dairi melemah setuju APBD dengan Perda . Membedah alokasi anggaran dimana dalam Rancangan yang diajukan dapat dilihat beberapa contoh naiknya jumlah anggaran di kecamatan dan SKPD. Secara hukum memang penggunaan anggaran harus dipertanggung jawabkan. Namun biacara pertanggung jawaban adalah administrsi yang diatas kertas tidak terlalu sulit membuatnya seakan benar dan bersih. Jadi ada sisi yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi.  Anggaran lebih pada kebutuhan birokrat sedang untuk rakyat cenderung stagnan.
          Mengapa sebahagian dewan tidak setuju dengan R APBD yang diajukan diberikan payung hukum perda tentu telah mendeteksi sejumlah anggaran yang tidak pro rakyat namun lebih untuk kepentingan penguasa. Dicontohkan anggaran makan minum kecamatan Naik hingga  91 %. Padahal untuk pertanggung jawaban biaya seperti itu tidak sulit . Cukup dengan bon faktur dan bisa menjadi alat pertangung jawaban.
          Dari hasil pencalegkan partai golkar diketahui sejumlah istri pejabat dan camat di Dairi masuk dalam daftar caleg. Maka ketika seorang oknum camat menggerakkan kepala desa hingga dusun untuk kepentingan istrinya hal itu akan mulus berhasil. Demikian juga sejumlah pejabat dan kepala SKPD Dairi yang istri masuk menjadi Caleg partai . “ Apapun katanya ketika hati bicara  semua hal bisa dilakukauan untuk kepentingan keluarga “ sebut Selamat ujung.
          Mengapa R APBD Dairi menjadi polemic disebutkan tidak lain karena rancangan anggaran yang diajukan bisa dideteksi para calon dewan dari partai lain . Karena ketika APBD menjadi perda maka merupakan jalan mulus bagi pencalonan Jonny Kembali dan era kemenangan caleg Golkar yang suami atau istrinya  kebetulan menjadi pejabat di Dairi. Ketika dewan menyetujui R APBD jadwal ulang dan berhasil menjadi perda maka bukan tidka mungkin partai penguasa itu akan mendulang sedikitnya 20 kursi di dewan.
          Menurutnya dengan keberadaan itu maka sangat sulit bagi siapapun bisa menyaingi Bupati incumbernt bahkan dengan jaringan yang dibangun diperkirakan paling sedikit 15 tahun kedepan bertahan . Karena semua lini telah dikuasai.
          Selamat Ujung juga menilai dengan DPT Dairi yang sama sekali tidak valid boleh  dimanfaatkan  pihak-pihak tertetu dalam memenangkan seoarang ketika pilkada Dairi digelar . DPT yang digunakan untuk pilgubsu silam diwarnai dengan berbagai masalah yakni warga tidak terdaftar di DPT, Munculnya hak memilih untuk orang yang sudah almarhum, Munculnya pemilih dibawah umur dan hasilnya partisipasi pemilih pada TPS hanya rata rata 50 %. “ Benarkah jumlah golput itu sampai 50% karena mereka tidak memberikan hak pilihnya atau memang dalam DPT itu muncul nama-nama siluman dan double?”
          Melihat kondisi itu Selamat menyebutkan bukan tidak mungkin dalam pilkada mendatang keberadaan DPT yang amburadul itu akan digunakan untuk hal-hal yang akan menguntugkan salah seorang calon.
          Melihat kondisi yang ada Selamat Ujung menilai jaringan dinasti yang digerakkan Johnny Sitohang sebagai bupati incumbent yang juga ketua partai tidak akan mampu disaingi siapapun dalam pemilihan Bupati Dairi mendatang. Jaringan yang dibangun di semua lini akan begitu mudah digerakkan.
Selamat menduga apapun caranya pasti Bupati Dairi tetap mengupayakan agar DPRD Dairi menandatangani APBD dengan perda karena merupakan gerbong kunci memainkan semua lini  mengekalkan  kekuasaan. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar