Selasa, 22 Januari 2013

Drs Pasder Berutu Ditetapkan Tersangka Korupsi?


    Sidikalang-Dairi Pers : Isu yang berkembang di Dairi Drs. Parder Berutu telah ditetapkan menjadi Tersangka kasus korupsi di Kejatisu Medan.  Pasder disebut sebut tersandung dugaan
korupsi dana DAK pendidikan semasa dirinya menjabat kepala dinas pendidikan Dairi. Mantan ketua KPUD Dairi yang bernasib mujur pada pemerintahan Johnny Sitohang itu dikabarkan sibuk menempuh route Sidikalang-Medan akibat status yang kini disandangnya.
       Mantan Plt Kadis Pendidikan Dairi Simbolon yang menggantikan  kekuasan Pasder di dinas pendidikan Dairi Simbolon yang dikonfrimasi Dairi pers kamis (10/1) di kantor Bupati Dairi membenarkan kalau Drs. Pasder Berutu telah resmi menjadi tersangka dan diproses di kejatisu. “ Saya beberapa kali memang dipanggil kejatisu sehubungan kasus tersebut. Tetapi saya hanya panitia tender saja jadi saya tidak ikut dalam pengerjaan atau pengelolaan  proyek. Saya hanya dimintai keterangan saja “ sebutnya singkat.

       Sementara itu informasi  beberapa orang telah ditetapkan tersangka atas kasus dugaan korupsi dana pendidikan Dairi itu masih simpang siur. Isu yang berkembang bukan hanya mantan kepala dinas pendidikan Dairi Drs.Pasder yang ditetapkan tersangka namun sudah berikut dua stafnya yakni WS dan RL. Namun demikian untuk mengkonfrimasi  infromasi ini ketiga orang yang disebut-sebut telah ditetapkan tersangka ini sangat sulit.  Ketiganya sangat sulit ditemukan di Dairi.
       Sementara itu  HP ketiganya saat dihubungi selalu gagal. Sedang isu yang berkembang di dinas pendidikan dua staf dinas pendidikan Dairi  WS dan RL sudah sangat jarang masuk kantor karena sibuk menghadiri panggilan kejatisu sehubungan dengan kasus yang membelit mantan kepala dinas pendidikan Pasder Berutu. Namun demikian mereka belum ditahan.
       Drs. Pasder berutu yang kini menjabat kepala  Badan Pemberdayaan desa pemkab Dairi tergolong manusia paling beruntung dipemerintahan Johnny Sitohang. Karirnya di Dairi dimulai  dari menjabat sebagai ketua KPUD Dairi. Secara mengejutkan Pasder  Berutu langsung menjabat kepala dinas pendidikan Dairi pasca Johnny Sitohang diangkat menjadi Bupati Dairi. Meski pengangakatannya aneh dan melanggar aturan dimana undang-undang mengisyaratkan yang berhak menduduki eselon II harus pernah duduk di eselon III minimal duakali di tempat yang berbeda namun Pasder layaknya  cerita “Naga Bonar” langsung melejit dengan melanggar peraturan tersebut. Kala itu berkembang isu kalau jabatan yang diperolehnya sebagai balas jasanya.
       Sekitar tiga tahun  menjabat sebagai kepala dinas Pendidikan Dairi Drs. Pasder berutu langsung melejit maklum menakhodai dinas yang gemuk. Dinas dengan personil terbanyak di Dairi. Hingga pada akhirnya Pasder Berutu dipindahkan menjabat sebagai kepala Badan pemberdayan desa.
       Sementara itu banyak memperkirakan jika benar Pasder berutu telah ditetapkan menjadi tersangka besar kemungkinan berbagai kasus lainnya di Dairi akan mencuat sekaligus akan menarik beberapa nama lagi  yang tersandung dengan perkara korupsi. Banyak juga memperkirakan dengan status tersebut akan banyak rekanan di Dairi yang akan menjadi tersangka atas proyek dinas pendidikan tersebut. Banyak yang berharap  Pasder juga akan “bernyanyi” kemana aliran dana sekaligus akan menyeret beberapa nama besar di Dairi. (R.07)

2 komentar:

  1. Smoga kasus korupsi seperti ini terungkap semuanya..dan perlu juga audit dana keuangan di KPUd Dairi..., dana bandes kab.Dairi serta dana Bantuan Pemerintah Dairi saat Pemilihan Kepdes serentak di Dairi ysng di tsmpung Di APBD DAiri

    BalasHapus
  2. Smoga kasus korupsi seperti ini terungkap semuanya..dan perlu juga audit dana keuangan di KPUd Dairi..., dana bandes kab.Dairi serta dana Bantuan Pemerintah Dairi saat Pemilihan Kepdes serentak di Dairi ysng di tsmpung Di APBD DAiri

    BalasHapus