Rabu, 07 November 2012

Soal Pilkada Dairi Pers Independen


      Sidikalang-Dairi Pers : Semakin memanasnya  suhu politik di Dairi berkaitan dengan pilgubsu dan pilkada Dairi yang akan berlangsung sekitar 1 tahun ke depan Koran lokal Dairi Pers Independen
dan terbuka kepada siapapun yang berminat menggunakan media ini untuk sarana penyebarluasan informasi maupun pencitraan diri hingga kampanye..
      Demikian disampaikan Pimpinan Redaksi Dairi Pers Hendrik Situmeang yang menyebut sengaja melansir berita ini agar tidak ada upaya memplesetkan  di public bahwa i Dairi Pers itu milik sekelompok orang atau satu warna saja . “ Koran lokal ini milik masyarakat Dairi dan siapapun boleh menggunakannya  selama tidak bertentangan dengan hukum. Siapapun calon dan bakal calon baik untuk kandidat pilgusu maupun kandidat bupati Dairi  yang menilai keberadaan media ini bermanfaat untuk digunakan silahkan.  Dairi Pers dengan tegas  menyebut akan memuat semua pemberitaan, kegiatan, visi misi maupun pencitraan para calon dan balon, Ujar Tumean g.
      Dikatakan sesuai dengan perundang-undangan  dan bunyio pasal pada undang-undang pemilu maka media harus independen dalam arti  memberikan kesempatan yang sama kepada siapapun calon/ kandidat untuk melansir pemberitaannya. Sehubungan dengan media ini  adalah swasta murni  maka aturan main berkaitan dengan cost pencitraan tentu menjadi sesuatu yang wajar  . Selama aturan main ditaati maka tidak ada alasan bagi Dairi Pers menolak salah satu nama baik calon atau wakil mendapat perlakuan yang sama dalam pencitraan diri “ tegas tumeang.
      Disebutkan sepertinya selama ini yang dihembuskan sekelompok orang  di tengah masyarakat Dairi  sepertinya  Koran dairi pers  Koran oposisi yang selalau mengkritik pemerintah. Namun dalam kesempatan ini dengan tegas pimpianan redaksi Dairi Pers menyebutkan fungsi media alat control bagi siapapunn  termasuk pemerintah.  Jadi tidak ada alasan bagi Koran ini untuk menolak salah satu calon /kandidat jika ingin menggunakan media ini. Lain hal jika ada calon yang  bersangkutan menilai  media ini tidak efektif untuk publikasi maka kita tidak juga memaksakannya” sebut Tumeang.
      Tumeang  memastikan Dairi Pers akan berlaku independen soal pencitraan diri dan perlakuan sama kepada siapapun calon. Namun berkaitan dengan personil Dairi Pers yang berjumlah sekitar 26 yang ada di  redaksi dan tersebar di  kecamatan-kecamatan yang ada di Dairi adalah bebas menentukan pilihan . Namun berkaitan dengan tugas jurnalistik Silahkan berlaku propesional dan memperlakukan semua calon sama . 
      “ Berkaiatan dengan pencitraan diri mungkin calon atau balon inginkan berbagai metode dan trik  tersendiri Dairi pers siap berperan mencetak. Artinya silahkan tim suskses atau apapun namanya memberikan naskah jadi kepada redaksi maka tidak akan ada pengurungan apapun di dalamnnya selama tidak menyerang sesame  calon dan melanggar etika persaingan sesuai dengan undang undang pilkada.. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar