Kamis, 06 September 2012

Plank Reklame Depan Cempaka Sidikalang Rawan

·     Berbahaya Terlalu Dekat Kabel

Sidikalang-Dairi pers : Berpulangnya ketua KPUD Dairi Drs. Syahidan Bintang yang diduga kuat akibat arus listrik di tiang listrik yang berada di depan toko cempaka, jalan singamangaraja
  sidikalang harusnya  menjadi pelajaran bagi pemkab Dairi dalam memberikan izin pemasangan plank reklame. Sehingga tidak menimbulakan kerawaanan bagi masyarakat.
Lokasi tewasnya ketua KPUD Dairi Syahidan Bintang yakni salah satu tiang listrik berdekatan dengan plank merek disebutkan rawan dan sebaiknya dibongkar karena terlalu dekat dengan kabel listrik tegangan menengah yang hanya berjarak sekitar 1 meter dari plank pemasangan reklame.
Tumpal Siboro salah seorang staf PLN ranting Sidikalang mengakui kalau tiang listrik yang berada di depan toko  cempaka Sidikalang memang rawan dan pihaknya saja yang sudah petugas PLN khawatir jika memanjat tiang tersebut. “ Ada dua kabel disana satu kabel tegangan rendah dan diatasnya tegangan menengah. Jika masih pada tingkat kabel tegangan rendah yang menjadi sumber listrik untuk pelanggan tidak apa-apa. Namun diatas mungkin hanya 1,5 meter itu sudah tegangan menegah.. Tegangan menegah itu bahaya dan tidak semua orang bisa faham, sebutnya.
“ Saya saja yang sudah pekerjaan di listrik disuruh memasang spanduk disana saya belum tentu berani. Itu kaarena letak kabel tegangan menegah terlalu dekat dengan plank reklame. Bagi kami petugas PLN yang dilapangan tiang yang satu itu memang harus extra hati-hati . Sebutnya

Tumpal menyebutkan sebaiknya plank reklame yang berada di depannya di renovasi agar tidak membahayakan. Hujan, atau berembun juga bisa membuat pengantar listrik. Kalau saya perhatikan jarak kabel tegangan menegah ke plank reklame dibawah 2 meter dan itu sangat berbahaya” sebutnya.
Ditambahkan khusus tegangan listrik menegah mengapa disebut bahaya karena dua meter saja dari kabel arahkan tespen maka tespen akan hidup. Jantung bisa pecah jika terlalu dekat dengan kistrik tegangan menegah” sebutnya.
Sementara itu pantauan Dairi pers plank reklame yang berada di jalan singamangaraja persis depan toko cempaka terbuat dari besi. Jaraknya dari kabel tegangan menengah paling 1,5 meter saja. Dikhawatirkan jika terkena hembusan angin maka kabel bisa bergoyang dan dikahwatirkan menyambar plank reklame. Hal itu dapat berakibat fatal bagi orang yang berada dibawahnya..
Sebagai mana diketahui ketua KPUD Dairi Syahidan Bintang akhirnya meninggal dunia disebut tersengat aliran listrik di lokasi ini. Tokoh muda itu akhirnya meninggal jatuh dari ketinggian dengan  kepala membentur aspal jalan.
Harusnya hal ini menjadi perhatian instansi terkait terutama pemkab Dairi untuk meninjau ulang izin pendirian plank reklame tersebut. Hal itu untuk menjaga keselamatan masyrakat dan warga Sidikalang yang sering beraktifitas dibawahnya. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar