Rabu, 08 Agustus 2012


Anak Dairi Ciptakan Robot Sigale-Gale
Sidikalang-Dairi Pers : Crisman Wise Patuan Silaban warga perumnas Kalang Simbara Sidikalang, Dairi . Mahasiswa semester IV jurusan computer Universitas Indonesia (UI) berhasil mendapat openghargaan”Certivicate Of Achievement”,  
dalam ajang kompetisi Robot Internasional The 13th International Robot Olympiad 2011 yang berlangsung di Jakarta pada tanggal, 15 – 18 Desember tahun 2011
 Keberhasilan anak Dairi ini juga berarti mampu mengangkat budaya batak legenda si gale-gale dalam kreasi  iptek  robot.  Crisman Wise Patuan Silaban pencipta robot sigale – gale,, yang dihubungi di rumah orangtuanya P. Silaban di Perumnas Simbara Permai, Desa Kalang Simbara Sidikalang, usai melakukan Riset mengenai Sigale – gale di Tuk – tuk Siadong Samosir, Kamis (26/7) mengatakan menciptakan robot Sigale-gale terinspirasi dari Sigale – gale yang ada di Tuk – tuk Siadong.
Dijelaskan, Robot Sigale – gale yang diciptakan bersama satu orang rekan kuliahnya, Deny K Sihombing itu, merupakan robot yang dapat menggabungkan antara budaya dan teknologi, yang menonjolkan seni budaya dan artistic dan mampu menirukan tarian tradisional batak (Sumatra Utara).

“ Robot ini menggunakan sensor bunyi, sehingga untuk aktifasinya hanya dengan menepukkan tangan, dan Robot Si Gale-gale, merupakan robot special, karena dilengkapi dengan 21 actuator sehingga robot ini mampu bergerak dengan lebih luwes, dan bebas serta dapat melakukan gerakan/tarian sesuai dengan tempo dan beat dari musik pengiringnya “, jelas Crisman, sambil memainkan Robot ciptaanya yang bergerak menari mengikuti music tari tradisional Toba, Sihutur Sanggul.
Disinggung mengenai pengembangan robot ciptaanya itu, crisman berharap dapat mengembangkan, dengan menciptakan Robot Sigale – gale seukuran manusia, namun hal itu dapat tercapai, apabila ada donatur , sebab diakui untuk menciptakan robot dengan ukuran 50 cm saja, dia menghabiskan dana hingga 25 juta rupiah.
Crisman Wise Patuan Silaban, anak ke-2, dari 4 orang bersaudara, dari pasangan P. Silaban dengan Br. Pasaribu itu, merupakan alumni SMA Sopo Surung (Yasop) Balige, dan tamatan SD. Santo Yosef Sidikalang, dan SMP Negeri 1 Sidikalang.(R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar