Rabu, 13 Juni 2012

Mereka Yang Berkibar & Redup di Pemerintahan Johnny Sitohang


· Julius Gurning Paling Meroket
      Sidikalang-Dairi Pers : Agaknya bukan hanya Dairi mengalami bongkar pasangan pejabat eselon. Seiring dengan ortonomi daerah sepertinya peraturan pusat yang mengatur mutasi, promosi dan jabatan PNS semakin kabur. Namun d mikian selama 3 tahun pemerintahan Johnny Sitohang catatan perjalanan karir PNS khususnya di jabatan eselon II pasang surut. Ada yang berkibar dan melesat bagai roket.
Sebaliknya ada malah yang tenggelam dan memasuki masa pensiun dengan rasa kesal.
      Catatan Dairi Pers sejumlah nama pejabat Dairi yang berkibar yakni Julius Gurning, BA,(Sekda Dairi) Pasder Berutu  (Kaban Pemdes) , Sedang pejabat yang merangkak dikarirnya  M. Br Lumbang tobing (Kadis Pertanian), dan Bonar Butar-butar (Kadis Pariwisata),  Ramlan Sitohang (Kadis Naker), Haposan Situmorang (Kadis Kesehatan), J. Sigalinging (Ka. BKD). Edward Hutabart menjadi kepala Inspektorat Dairi.
      Namun dari semua pejabat yang sangat meroket Julius Gurning, BA yang kini menjabat sekda Dairi. Mantan kabag Tapem semasa pemerintahan MP Tumanngor ini selanjutnya menjabat Asisten Pemerintahan yang selanjutnya saat Pilkada dimenangkan Johnny Sitohang langsung menduduki jabatan Kepala BKD Dairi. Strategi yang matang itu akhirnya berhasil  menjabat sekda Dairi menggantikan Arsenius Marbun. Julius dianggap PNS paling beruntung dan berkibar di pemerintahan Dairi sekarang. Bukan itu saja jika kelak peraturan pilkada memutusakan hanya memilih kepala daerah sedang wakilnya dari PNS yang menduduki jabatan eselon II. Maka bukan tidak Mungkin Julius Gurning akan mulus menjadi wakil Bupati Dairi periode 2014-2019.
      Disamping itu salah satu nama Drs. Pasder Berutu langsung melejit bagai roket pasca kemenangan JohnnySitohang dalam pilkada silam. Pasder Berutu mantan ketua KPUD Dairi itu langsung menduduki posisi bergengsi kepala dinas pendidikan Dairi . Hampir tiga tahun orang yang sukses mengantarkan Pilkada Dairi yang  memenangkan Johnny Sitohang di dinas pendidikan kini menjabat kepala Badan Pemdes Dairi.
      Sedang pejabat yang stagnan berputar-putar di jabatan eselon II yakni Wesly Manullang di Sekwan DPRD Dairi, Sudung Ujung (Kadishub) Ramses Situmorang (Kadis Catpil) dan Agus Bukka (Kadis Kehutanan). Sedang Sebastianus Tinambunan kini menjabat sebagai kepala Bappeda Dairi tergolong PNS yang mampu bangkit memberikan kepercayaan kepada Bupati hingga dipromosi dari asisten menjadi kepala SKPD yang cukup berpengaruh.
      Sementara itu sejumlah nama pejabat yang redup yakni Abner Silalahi mantan Kadis kesehatan, Ir, B . Barasa mantan kadis PU Binamarga, Amister Lumbangaol mantan kadis PU Cipta karya kini menjabat asisten. Drs. JM Silalahi mantan kepala Bappeda kini menjabat kepala dinas Perindagkop. Elpianus Sigalingging mantan kadis pariwisata kini menjadi staf ahli Bupati. Sedang Tinambunan mantan kadis pertanian sejak mutasi pertama telah di dudukan di staf ahli Bupati.
      Sedang mantan pejabat eselon II yang hingga kini sepertinya terkubur meski masih aktif yakni Drs. Datulam Padang mantan kadis pendidikan Dairi kini menjadi Staf di staf ahli Bupati Dairi. Sebelumnya sederetan nama yang langsung redup di mutasi yakni MG Lingga mantan kepala Inspektorat Dairi, Manihar Bakkara. Sedang yang sempat menikmati Jabatan eselon II  dan akhirnya terhenti akibat pensiun yakni Marihot Simamora, Adil Tarigan, R. Br Berampu, Abd Muis Lubis.
      Tiga tahun pemerintahan Bupati Dairi Johnny Sitohang telah beberapa kali melakukan mutasi sebagai penyegaran dan strategi pemerintahan kabupaten Dairi. Namun demikin hingga kini masih saja Bupati Dairi membuat Pelaksana Tugas pejabat kepala di beberapa SKPD sekalipun itu urgen . Tiga pejabat pelaksana kepala dinas yang belum defenitif yakni Br Butar-butar PLT kadis PU Binamarga, Jisler Lumbanbatu PLT Kadis PU Cipta Karya Dan Simbolon PLT kadis Pendidikan Dairi. (R.07)
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar