Kamis, 24 Mei 2012

Richard Lingga Bagikan Rp 25 Miliar Untuk Ekonomi Rakyat Dairi


Sidikalang-Dairi Pers : Tahun 2012 anggota DPRD-SU Richard E M Lingga, SE  memfokuskan fasilitasi pemberdayaan ekonomi kerakyatan di Dairi, Pakpak Bharat dan Karo. Namun dana paling besar dialokasikan kepada Dairi sebagai tempat kelahirannya.
Dana sendiri difasilitasi dari dana APBD Propinsi Sumut yang dibagikan kepada kelompok tani dan perkumpulan petani yang ada di Dairi. Sekitar Rp. 25 miliar berhasil difasilitasi anggota DPRD-SU dari anggaran propinsi untuk dibagikan kepada kelompok masyrakat di dapem X.
       Kepada wartawan Richard menyebutkan  untuk sector perikanan dianggarkan Rp. 500 juta berupa bantuan bibit ikan mas, Nila, Patin dan lele berserta pakan dan vitaminnya. Sedang untuk peternakan  kerbau, sapi, babi , kambing diplot sebesar Rp. 3 Miliar rupiah. Dana itu juga untuk kandang dan obat-obatan ternak.
       Sementara itu untuk ternak unggas, seperti bebek dan ayam  juga akan diberikan kepada kelompok tani di masyarakat.
       Sementara itu disektor kesra dan sosial  untuk keluarga rentan ekonomi dan perumahan sebesar Rp. 1,4 miliar yang diperuntukkan untuk rumah kurang layak huni. Dimana barang yang diberikan berupa alat-alat bangunan .Dan untuk pertanian sebesar Rp. 1,5 miliar untuk pembelian pupuk organik
       Sementara itu untuk sector pendidikan  dialokasikan dana sebesar Rp. 1,5 miliar untuk perpustakaan SMA dan SMK. Dana itu untuk pembelian 20.000 buku dan komputer pada tiap- tiap perpustakaan., Sekolah yang mendapat bantuan itu di Dairi yakni 11 SMA/SMK. 8 di Kab. Karo dan 1 di Pakpak Bharat.
       Dana sebesar Rp. 25 Miliar tersebut dikatakan merupakan upayanya menggaet anggaran propsu untuk dibagikan kepada masyarakat di tiga kabupaten yakni Karo, Pakpak Bharat dan Dairi. Ketiga kabupaten daerah pemilihannnya ini akan diberikan bantuan secara proporsional dan  diupayakan bantuan ini diberikan langsung dan berkordinasi dengan pemerintahan kabupaten setempat.
       Secara simbolis penyerahan bibit ikan  dilakukan rabu (16/5) kepada kelompok tani  Sejati di desa Bangun 1, Dairi yang diterima ketua kelompok tani sejati Kadinar Capah. Kelompok tani  berjumlah 18 anggota  ini menerima bantuan 38 .000 bibit ikan mas ditambah pakan dan vitamin.
       Richard lingga menyempatkan diri menabur benih ikan di kolam kelompok tani ini disaksikan kepala desa bangun 1 Saur Capah.
       Ketua kelompok Tani Sejati Kadinar Capah menyebutkan ikan ini selanjutnya akan dibagikan kepada anggota kelompok yang mempunyai sawah. Sehingga bantuan kali ini diperuntukan sebagai budidaya mina padi di desa tersebut. Dikatakan sebelumnya desa itu terkenal sebagai produsen ikan mas yang biasanya dilakukan usai penamaman padi sawah. Namun untuk bantuan itu dilakukan budidaya dengan mina padi. Artinya disamping penanaman padi juga dipelihara ikan.
       Kadinar  menyebutkan telah berkordinasi dengan dinas pertanian Dairi sehingga dalam budidaya dibantu dalam penyuluhan berkaiatan dengan sistim mina padi di sawah. . Direncanakan kelak setiap anggota berhasil dan mempunyai kewajiban memberikan kembali kepada kelompok yang selanjutnya akan digulirkan.
       Dalam kesempatan itu Richard lingga menyebutkan pihaknya hanya fasilitator rakyat Dairi ke propinsi sehingga  dapat menikmati berbagai bantuan yang ditujukan secara utama peningkatan ekonomi masyarakat di desa. Diharapkannya bantuan tersebut harus berhasil sehingga dapat menajdi contoh bagi sekelilingnya dan diharapkan dapat berkembang dan bergulir.
       Berkaitan dengan bantuan lainnya seperti pupuk organik dikatakan akan diberikan kepada kelompok lainnya . Namun yang utama dikatakan diupayakan untuk penyerahannya langsung disaksikan sehingga bantuan tersebut tepat sasaran berhasil guna. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar