Selasa, 29 Mei 2012

Hasil Pilkada Dairi Bakal Tak Berkualitas

Tak Satupun Bakal Calon Muncul
·               Semua Partai Wajib Berkoalisi
      Sidikalang-Dairi Pers : Sejumlah praktisi pemerhati Dairi memprediksi pilkada Dairi yang kemungkinan  akan digelar September 2013 hasilnya  tidak akan  berkualitas . Hal itu didasarkan
hingga kini belum ada calon muncul menyatakan bakal calon kandidat Bupati Dairi . Padahal pencoblosan pemilihan bupati diperkirakan paling sekitar 1,5 tahun lagi. Dikhawatirkan jika ini berlangsung selamanya maka kwalitas hasil pilkada Dairi anjlok dan akhirnya Dairi akan terus terpuruk.
      Prediksi pilkada Dairi bakal tidak menghasilkan kandidat yang berkwalitas itu dimungkinkan jika satu calon yang muncul maka akan mencarikan satu pasangan  calon lain namun kapasitasnya hanya untuk meloloskan persyaratan Pilkada saja . Calon pendamping ini hanya  persyaratan saja untuk sahnya penyelenggaran pilkada.
      Marulak Siahaan menyebutkansejatinya setahun sebelum berlangsungnya pilkada merupakan waktu yang tepat bagi bakal calon untuk pencitraan diri dan promosi. Namun hingga akhir mei 2012 belum satupun calon muncul. Namun demikian menurutnya kemungkinan besar hal itu akibat UU Pemilukada hingga kini belum diputuskan DPR-RI. “ Tentu mereka yang berniat maju sebagai kandidat masih menunggu hadirnya Undang-Undang baru tersebut sebagai dasar utama mengatur starategi” sebutnya.
      Ditambahkan kendati waktu sudah mendekat dikatakan tidaklah terlalu sulit bagi kandidat yang sudah dikenal masyarakat untuk memenangkan pilkada. “ Saya menduga sebenanrnya banyak bakal calon namun karena undang-undang belum rampung  belum berani menunjukkan diri. Saya mengetahui ada beberapa yang diperkirakan bakal calon Bupati Dairi tahun 2013 sudah mulai intensif turun ke desa dan kecamatan.Ini artinya hanya menunggu UU yang baru.” Sebutnya.
      Sementara itu beberapa kader Partai yang dipertanyakan Dairi pers seperti sekretaris DPC Partai Demokrat Dairi markus Purba akan bakal calon yang berminat menggunakan pertahu Partai Demokrat diakui belum ada yang serius. Namun  telah ada beberapa nama melakukan pendekatan partai.
      Ketua PDI-P Dairi Benpa Hisar Nababan mengakui belkum ada orang Dairi yang mendekati partainya. Namun satu dua nama telah berbincang secara lisan berkaiatan dengan kapal PDI-P untuk pencalonan Bupati namun berasal dari luar Dairi. Benpa yakin kemungkiann pnyebabnya adalah  undang-undang pilkada yang belum rampung di DPR-RI.
      Ketua Partai PNBK Selamat Ujung menyebutkan berkaitan waktu belum tergolong mepet karena masih ada waktu yang lumayan panjang. “ Berkaitan dengan calon dari luar mungkin sulit untuk sosialisasi dan prediksi saya hasil pilkada Dairi akan berkwalitas karena saya yakin masih banyak vigur-vigur yang lebih pantas dan diiginkan rakyat  Dairi “ sebutnya.
      Sementara itu taksatupun partai di Dairi yang  secara bulat dapat mencalonkan Bupati. Persyaratan minimal partai partai pengusung minimal mempunyai 5 kursi di DPRD. Hingga kini formasi anggota Partai di DPRD Dairi golkar, PDI-P, Demokrat dan PDK masing-masing 4 kursi. Sisanya antara 2 atau  1 kursi saja. Hal ini berdampak semua partai wajib berkoalasi mengusung  calon. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar