Kamis, 08 Januari 2015

Junimart Girsang Ingatkan Revolusi Mental, Polisi & Jaksa Jangan Mau Diintervensi



* Kasus 4 Camat Dugaan Korupsi Raskin & Alkes RSUD Berulang tahun
* Klarifikasi Pengadaan Tanah PA Sidikalang
Sidikalang-Dairi Pers : Anggota komisi III DPR-RI Junimart Girsang, SH, MH dalam masa reses DPR RI kamis (18/12) di Mapolres Dairi menyampaikan berkaitan dengan
pemberantasan korupsi diharapkan polres Dairi jangan mau di intervensi siapapun maupun penguasa manapun. “ Lakukan tupoksi dengan propesional Jika ada pihak yang coba-coba mengintervensi penegakan hukum silahkan telepon saya dan ini akan kita sampaikan kepada Kapolri “
Demikian disampaikannnya di depan Kapolres Dairi , wakapolres Dairi serta seluruh jajaran perwira di aula rapat polres Dairi.. Sebelumnya kehadiran anggota DPR-RI  fraksi PDI-Perjuangan itu mendapat penjelasan wakapolres Dairi Siregar akan situasi kamtibmas serta keberadaan mapolres Dairi. Dalam paparannya wakapolres Dairi menyampaikan sejumlah kasus yang mencuat dimapolres Dairi yakni kasus perlindungan anak. KDRT serta peyimpangan seksual. Disampaikan berkaitan dengan kondisi polres Dairi jumlah personil masih  sangat kurang. Sarana dan prasarana pendukung berupa kendaraaan operasional personil  serta dukungan sektoral
Putera Sidikalang yang kini menjabat anggota Komisi III DPR-RI tersebut menyampaikan tujuan resesnya di mapolres dan kejaksaan untuk mendapatkan masukan apa yang terjadi dan kendala yang dihadapi dalam penegakana hukum.  Dikatakan kurangnnya anggaran  rendahnya sarana dan fasilitas polres menjadi pusat perhatian “ Kita memang melihat anggaran masih cukup minim dalam institusi kepolisian. Maka masukan ini akan kita sampaikan dalam rapat dengar pendapat  denganm pemerintah nantinya di senayan” sebut Junimart.
Dalam kesempatan itu Junimart mempertanyakan perkembangan penanganan berkaitan dengan kasus dugaan tipikor di Dairi. “ Kami mengharapkan informasi dan kendala yang dihadapi berkaitan dengan komitmen tindak pidana korupsi . Saya punya data tentang dugaan korupsi di Dairi karena saya orang Dairi . Bagaimana penanganan masalah Raskin yang melibatkan 4 oknum camat ? “
Kanit Tipikor Polres Dairi dalam jawabannya menerangkan kalau kini polres Dairi tengah melakukan lidik berkaitan kasus dugaan korupsi dalam pengadaan alkes RSUD Sidikalang dan dugaan korupsi dana transportasi Raskin masaih tahap lidik. “ oh kasus itu sudah berulang tahun . Jadi mari kita terbuka saja jika memang kasus itu tidak benar silahkan berhentikan saja. Namun jika memang mempunyai kebenaran segerakan tindak. KPK hanya butuh 3 minggu untuk menyelesaikan satu kasus. Jangan mau diintervensi pihak manapun. Memang terkadang ada oknum yang menjumpai pimpinan polisi di tingkat propinsi. Sehingga semacam tekanan agar Kapolres setempat  tidak berbuat apa-apa. Jika  masih ada intervensi dari pihak manapapun termasuk penguasa. Tolong telepon saya “ ujarnya sambil membagikan nomor ponsel yang dimiliki.
        Secara terpisah Junimart Girsang menyampaikan apresiasi kepada polres Dairi atas data yang akurat yang disampikan berkiatan dengan kondisi dan Tupoksi polres Dairi. Yang nantinya masukan tersebut akan disampaikan kepada komisi III DPR-RI.
Berkaitan dengan anggaran yang diterima polres dalam pemberantasan korupsi dirasakan masih cukup kecil dan perlu penambahan untuk menggerakkan personil polisi dalam mengungkap berbagai dugaan Tipikor. Namun hasl itu tetap akan menjadi masukan dalam RDP DPR RI.
Hal serupa juga disampaikan Junimart dalam pertemuan dengan jajaran kejaksaan negeri Sidikalang. Pihaknya mengharapkan lembaga kejaksana negeri Sidikalang jagan segan-segan menegakkkan aturan berkiatan dengan penegakan hukum. Berkiatan dengan pemberantasan korupsi peiohaknya berharap jangan mau di intervensi pihak manapun.
Perbaikan bangsa ini kita mulai dengan revolusi mental pihak manapun termasuk aparat dan penegak hukum. “ Saya pribadi dalam kunjungan reses ini secara langsung sampaikan kepada pejabat yang saya kunjungi jangan coba-coba berikan amplop kepada saya. Jika dahulu atau pernah ada budaya semacam itu tidak untuk Junimart.  Saya reses dibiayai negara hingga ratusan juta rupiah . Jadi tugas saya mencari data dan masukan untuk disampaikan dalam upaya memetakan permasalahan Mari kita mulai revolusi mental untuk perbaikan bangsa ini  “ sebutnya ( R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar