Rabu, 14 Mei 2014

2 Tahun Hilang Misterius Ditemukan Jadi Tengkorak



Sidikalang  Dairi Pers :  Betapa terkejutnya  Gurneng Bancin (52) warga desa Panjaratan, Kecamatan Sidikalang, Dairi, secara tidak sengaja menemukan lulang belulang utuh manusia dengan posisi seperti tidur . Kejadian itu dialami Gurneng
Bancin saat sedang membersihkan perladangan  Lae Silembu, dusun Suka Dame, desa Panjaratan, Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Bharat., Rabu (30/4). Penemuan tulang belulang itu , dilaporkan Bancin kepada warga, dan oleh beberapa warga Desa , menyebutkan kalau tengkorak tersebut merupakan warga mereka yang menghilang sejak Juli 2012 lalu, bernama   Marudut Pasaribu (56).
Informasi yang di himpun dari Gurneng Bancin (52) di lokasi penemuan  menyebutkan,  bahwa saat sedang membabat rerumputan di pingiran ladang milik Sidabutar pagi itu, dia curiga melihat gundukan tanah dengan beberapa tulang mirip rusuk manusia. Merasa curiga, Gurneng membuka beberapa tumpukan dedaunan hingga ia terkejut , ketika diantara tulang tulang tersebut ada tengkorak kepala manusia.
“Saya curiga dan mendekati gundukan itu. Selanjutnya saya melihat ada tulang mirip tulang rusuk manusia .Selain itu dibawahnya  ada kain, ada ikat pinggang,dan diatasnya sedikit ada tengkorak kepala  barulah saya pastikan gundukan itu adalah manusia,” ujarnya sedikit gemetaran.
Ditambahkan Bancin, tengkorak tersebut ditemukan dalam keadaan utuh dengan posisi, kepalanya menindih tangan kanan layaknya manusia yang tidur. Setelah memastikan temuannya, Bancin bergegas keperkampungan masyarakat yang berjarak ± 5 km dari lokasi. “Posisinya sedang (menoleh) ke kanan saat itu. Setelah memastikan bahwa itu tengkorak manusia, barulah saya laporkan dan hari ini seluruh warga bersama Kepolisian Dairi, ikut ke lokasi temuan,” tambah Bancin.
Dari keterangan Katibin Sidabutar (41), bahwa almarhum Marudut Pasaribu(56), yang merupakan tetangganya itu, hilang misterius pada 22 bulan yang lalu tepatnya Juli 2012. Saat itu keluarga Marudut hendak melaksanakan pesta adat dirumahnya, entah apa masalahnya ,Marudut pun tiba-tiba menghilang dari rumah, sehingga pesta tersebut gagal dilaksanakan.
“ Saat itu dia tiba-tiba menghilang dari rumahnya padahal acara pesta adat sudah akan dilaksanakan.Kami juga berupaya mencari keberadaan korban Marudut itu , seminggu kami mencari dia sampai ke perladangan dan pinggiran hutan di sekitar kampung kami ini, namun keberadaanya tidak juga kami temukan, sat itu keluarganya sudah pasrah dan selalu berdoa dirumah biar dia dapat di temukan,” sebut Katibin.
Kapolres Dairi AKBP Donny SH,Damanik melalui Kasat Reskrim Polres Dairi AKP Hasian Panggabean SH, saat di konfirmasi wartawan membenarkan kasus penemuan tulang belulang manusia yang disebut warga adalah Marudut Pasaribu(56). Di katakan Panggabean, bahwa pihaknya telah melakukan Olah Tempat Kejadian Perkara ( Olah TKP).
Di lokasi kejadian. Dari hasil Olah TKP yang di dampingi warga masih menurut Kasat , pihaknya telah mengumpulkan beberapa barang bukti milik korban, berupa tulang belulang, dompet dan tali pinggang. Barang bukti tersebut telah di serahkan kepada pihak keluarga, karena pihak keluarga memohon , agar tengkorak dan segala sesuatu milik korban dapat diambil keluarga untuk di kebumikan.(RMS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar