Rabu, 15 Januari 2014

Tahun Baru di Sidikalang Sepi, Silalahi Meriah



      Sidikalang-Dairi Pers : Perayaan tahun baru 2014 dikota Sidikalang tidak semeriah tahun sebelumnya. Untuk tahun ini justru kemeriahan perayaan terjadi di kecamatan-kecamatan yang ada di Dairi. Perayaan tahun baru di kota Sidikalang hanya terlihat
pada malam pergantian tahun dengan penyalaan mercon dan kembang api  di rumah-rumah penduduk.
      Perayaan tahun baru di kecamatan-kecamatan di Dairi justru terlihat dengan banyaknya perantau Dairi kembali ke kampung halaman. Hampir semua kecamatan di Dairi dipenuhi dengan mobil mobil  menggunakan plat luar Dairi. Umumnya plat luar yang masuk seri pekan baru, padang ,bandung dan Jakarta.
      Di Tigalingga dan Parongil suasna tahun baru di ramaikan dengan pesta buah durian karena merupakan musimnya. Banyak perantau yang sengaja berburu buah berduri tersebut untuk dinikmati dengan harga yang murah. Sementara itu di kota Sidikalang suasana sepi terlihat pada hari pertama perayaan tahun baru karena hampir semua pertokoan dan rumah penduduk tutup.
Meriah
      Pantauan Dairi Pers sejumlah obyek  wisata seperti Silalahi dan Taman Wisata Iman diserbu para pengunjung untuk merayakan tahun baru. Di pantai silalahi terlihat pengunjung memadati pantai pinggiran Danau toba tersebut. Umumnya mereka yang berasal dari kecamatan-kecamatan yang ada di Dairi juga beberapa dari kab. Karo. Diperkirakan sekitar 1000-an pengunjung memadati pantai yang berada di kabupaten Dairi tersebut.
      Hal serupa juga terjadi di TWI jumlah pengujung berbeda dengan hari sebelumnya. Komplek yang mengandalkan wisata rohani itu dipadati pengujung local untuk merayakan tahun baru. Pantauan Dairi Pers dua lokasi wisata ini menjadi pilhan pengunjung karena tidak ada lagi lokasi wisata lainnya di Dairi.
      Sementara itu arus balik para perantaun Dairi  Pers terjadi sejak hari ke tiga tahun baru. Sejumlah stastiun mobil angkutan antar kota di Sidikalang terlihat jumlah pemudik yang kembali ke kota perantauanya ,membludak. Distasiun PO PAS serta Datra jumlah pemudik yang akan kembali terus meningkat sejak plus 3 Tahun baru.  Jumlah calon penumpang juga terlihat membludak di stasiun Angkutan Raja Napogos.
                Puncak arus pemudik kembali terjadi pada sabtu dan minggu 4 dan 5 januari. Banyak calon penumpang kewalahan untuk mendapatkan angkutan dan terpaksa menunggu hingga berjam-jam untuk mendapatkan angkutan. Kondisi ini sudah lama terjadi dan sudah merupakan kebiasaan usai perayaan tahun baru . Jumlah calon penumpang tidak sebanding dengan jumlah mobil angkutan yang tersedia. (Obama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar