Kamis, 20 Juni 2013

Waspadai Penipuan Berkedok Bedah Rumah


Bedah Rumah Hanya Untuk Sidikalang, Sitinjo, Sumbul & Pegagan Hilir
      Sidikalang-Dairi Pers : Kepala dinas cipta karya dan tata ruang Ir. Jisler Lumbanbatu menegaskan tahun 2013 jatah Dairi untuk bedah rumah hanya sebanyak 1.500 unit dan itu hanya untuk kec. Sidikalang, Sitinjo, Sumbul dan Pegagan hilir. Disamping
itu belum dapat dipastikan kapan waktu realisasi proyek bedah rumah tersebut. Kondisi ini mengisyaratkan rakyat segera berhati-hati kemungkinan penipuan yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab menyebut bedah rumah akan segera cair dan ada disemua kecamatan di Dairi.
      Data yang diperoleh Dairi pers dari sejumlah perwakilan Dairi Pers di kecamatan menyebutkan sejumlah orang mengatasnamakan kelompok  bahkan oknum kepala desa mendata rumah pendukuk dan dijanjikan akan mendapatkan proek bedah rumah. Anehnya justru itu terjadi di kecamatan yang tahun ini tidak mendapat jatah bedah rumah. Bahkan lebih nekat bernafaskan bohong menyebut dana akan segera cair untuk proyek bedah rumah tahap II. Padahal mewakili Pemkab Dairi Ir. Jisler Lumbanbatu dengan tegas menyebut belum jelas waktu pencairannya. Kondisi ini rentan terhadap penipuan .
      Disamping itu besar dugaan sekelompok orang dan oknum yang kini rajin melakukan pendataan bedah rumah di kecamatan yang tidak mendapat jatah memberikan janji muluk  kepada rakyat agar memilih partai tententu dan agar memilih seorang calon bupati pada pilkada 0ktober mendatang. Cara ini diduga dilakukan terorganisir sekelompok orang “ aji mumpung” ada bantuan  bedah rumah dari kementerian perumahan. Namun dengan segala tipu muslihat bedah rumah seakan-akan dari salah satu partai atau salah seorang calon bupati.
      Dari keterangan yang disampaikan kepala dinas Cipta Karya Dairi Ir. Jisler Lumbanbatu di depan anggota DPRD Dairi pecan silam berarti 11 kecamatan lainnya tahun 2013 tidak mendapat jatah bedah rumah. Kecamatan itu yakni Parbuluan,  Silahi Sabungan, Lae Parira, Berampu, Silima Pungga Pungga, Siempat Nempu Hilir, Siempat Nempu, Siempat Nempu hulu, Tigalingga, Gunung Sitember dan Tanah pinem.
      Sementara itu disejumlah desa di kecamatan siempat nempu hulu diketahui sejumlah oknum kepala desa bersama sekelompok orang tengah gencar mendata calon penerima bedah rumah dengan menyebar isu kalau bantuan bedah rumah tahun ini berasal dari satu parpol bahkan dari seorang calon bupati Dairi. Ironisnya oknum kepala desa juga meminta sejumlah uang dari calon penerima bantuan bedah rumah.
      Kepada masyarakat diinfromasikan agar berhati-hati atas informasi maraknya dugaan penipuan yang dilakukan sejumlah oknum mengtasnamakan pendataan proyek bedah rumah. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar