Rabu, 15 Januari 2014

Jubel Sianturi Sudah Diperiksa Sebagai Saksi Dugaan Korupsi



Sidikalang-Dairi Pers : Jubel Sianturi mantan kepala dinas Dippeka Dairi yang kini menjabat kepala Bappeda Dairi diketahui Desember 2013 telah diperiksa kejatisu sebagai saksi dalam dugaan korupsi proyek pembangunan infrastruktur air bersih Kabupaten Dairi senilai Rp9 miliar tahun anggaran 2010.

Kasi Penerangan Hukum Kejati Sumut, Chandra Purnama mengatakan, saksi yang diperiksa tersebut, yakni Jubel Sianturi, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (DPPKAD) Dairi.Pemanggilan  Jubel Sianturi untuk dimintai keterangannya dalam melengkapi berkas  tim penyidik, berkaitan pembangunan air bersih di Kabupaten Dari. “Jubel Sianturi diperiksa tim penyidik, pada 4 desember 2013 di salah satu ruangan Pidana Khusus di Kejati Sumut,” ucap Chandra.
Pemeriksaan Jubel Sianturi sendiri berkiatan dengan dana Penguatan Desentralisasi Fiskal (DPDF) Menteri Keuangan RI tahun anggaran 2010. Yang berkiatan dengan masalah yang disangkakan kepada Dirut PDAM Tirta Nciho serta bendaharanya.
Diterangkan dua nama lainnya juga telah dimintai keterangan sekaitan kasus tersebut yakni WM dan JS masing masih staf di PDAM Tirta Nciho Sidikalang.
Juru bicara kejatisu ini juga mengungkapkan kasus dugaan korupsi PSAB Dairi sebelumnya telah menetapkan dua tersangka . Penetapan kedua tersangka tersebut, berdasarkan hasil pengusutan yang dilakukan Kejati dari tahap penyelidikan (led) yang ditingkatkan menjadi penyidikan (dik).
Tim Penyidik Kejati Sumut terus melakukan pengusutan kasus proyek pembangunan air bersih di Dairi, dan kemungkinan bisa saja akan bertambah tersangka lainnya,” kata Chandra. 
Simpang Siur
Sementara itu dikalangan masyarakat Dairi belum diketahui jelas masalah yang membelit perusahaan daerah yang  bergerak di bidang air minum tersebut. Kasus dana DPDF yang disangkakan masih tidak jelas sehubungan dengan  Proyek sarana Air bersih yang diketahui bermasalah sejak tahun 2009.  PSAB yang dikerjakan sejumlah rekanan “mentereng” di Dairi hingga kini masih menjadi persolan pelik karena air tidak pernah lancer. Bahkan pemkasb Dairi dalam beberapa kali anggaran tetap memplot anggran untuk perbaikan proyek tersebut.
Sementara  proyek PSAB yang dikerjakan tersebut diketahui dilakukan dinas Cipta karya Dairi dan bukan PDAM Tirta Nciho. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar