Selasa, 28 Januari 2014

Januari 2014 BPJS Kesehatan Diberlakukan



· Masyarakat Dapat Menghubungi Puskemas Terdekat
Sidikalang-Dairi Pers : Program pemerintah untuk jaminan kesehatan masyarakat BPJS Kesehatan mulai diberlakukan di Dairi januari 2014. BPJS Kesehatan
sebenarnya hanya menggantikan Jamkesda. Namun untuk BPJS kesehatan ada program BPJS mandiri yang berfungsi mirip dengan asuransi kesehatan.
Kabid Dinas Kesehatan Dairi Sihar Padang menjelaskan sosialiasi berkaitan dengan BPJS kesehatan tersebut telah dilakukan pada tahun 2013 dengan harapan memasuki awal tahun 2014 sudah langsung dapat diberlakukan. Disebutkan berkaitan dengan prosedur dsan teknik untuk BPJS kesehatan tidak jauh beda dengan Jamkesda . “ Untuk sementara data penerima BPJS Kesehatan juga menerima Jamkesda namun beberapa nama telah dimutahirkan berkaitan dengan daftar yang mungkin sudah meninggal atau berpindah” sebut Sihar.
Dikatakan penerima BPJS kesehatan Dairi tercatat 118.000 yang orangnya masih merupakan data dari Jamkesda tahun 2013. Memang masih perlu untuk pemutahiran data penerima BPJS kesehatan sehingga dapat di inventarisasi penerima manfaat yang masih ada, berpindah atau mungkin belum tepat sasaran. Namunseiring  dengan peluncuran program ini secara perlahan akan diadakan perbaikan untuk menyempurnakan “ sebut Sihar.
Dijelaskan untuk BPJS kesehatan juga ada program BPJS mandiri dimana masyarakat yang mengikuti program tersebut dikenakan biaya tabungan per bulan mirip asuransi. “ Ada yang Rp. 25 ribu per bulan ada yang 40.000 tergantung paket mana yang diminta. BPJS kesehatan mandiri ini mempunyai keistimewaan ketika pemilik kartu tersebut sakit maka secara otomatis dapat dirawat di rumah sakit. “ Mirip dengan asuransi kesehatan” Tambahnya.
Menjawab sejumlah masyarakat belum mempunyai kartu BPJS kesehatan dimana tahun 2013 belum masuk dalam daftar penerima Jamkesda dikatakan Sihar  semua puskesmas di Dairi dibuka  pelayanan pengurusan BPJS kesehatan. Syaratnya mudah hanya membawa kartu keluarga dan KTP maka akan dilayani pihak puskesmas. Masyarakat yang butuh juga dapat langsung menghubungi dinas kesehatan” sebutnya. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar