Kamis, 04 April 2013

Agenda Nasional, Pilkada Dairi Tetap Berlangsung


*  Baiknya Wartawan Masuk Desk Pilkada
Sidikalang-Dairi Pers : Anggota KPUD Dairi Asal Padang , BA menyebutkan tidak ada masalah untuk pesta demokrasi Dairi pilkada tahun ini. Pilkada Dairi merupakan agenda nasional dan harus dilakukan .
Soal dana pasti ada solusinya. Demikian disampaikannya kepada Dairi pers  selasa (26/3) di KPUD Dairi.

Dijelaskan sepekan sebelumnya pihaknya dipanggil ketua KPUD Sumut Irham Buana Nasution berkaiatan dengan rencana pilkada Dairi. Saat itu yang hadir dari DPRD  Dairi yakni Suparto Gultom, Mewakili Bupati Dairi Julius Gurning, BA dan Asal Padang dari KPUD dairi . Dalam pertemuan tu ditegaskan ketua KPUD Sumut tidak ada alasan untuk menunda pilkada Dairi atau apapun alasannya. Pilkada merupakan agenda nasional persoalan dana untuk kegiatan itu pasti ada solusinya.
Asal Padang menyebutkan sebelumnya dalam APBD 2013 KPUD Dairi telah dianggarkan dana untuk kegiatan itu Rp. 15.5 Miliar. Dan dana itu dsebutkan cukup hingga jika terjadi gugatan ke MK. Berkaitan dengan masalah R APBD Dari yang  belum jelas Asal Padang menyebutkan sebagai anggota KPUD Dairi bukan menjadi kapasitas mereka mengomentarinya.
Desk Pilkada
          Berkiatan dengan tingginya angka partisipasi pada pilgubsu yang diprediksi juga akn terjadi dalam pilkada Dairi mendatang dikatakan sebenaranya perlu peran semua pihak dan respon masyarakat akan DPT yang dibuat KPU. “ Saya sudah mintakan ke pemkab agar wartawan beberapa media masuk dalam desk pilkada . Ini dapat digunakan untuk sosialisasi sehingga partsipasi pemilu meningkat. Dan kita harapkan itu akan ada “ sebut Asal padang.
          Disebutkan beranjak dari pilkada Sumut  jumlah angka partisipasi pemilih Dairi itu hanya 53 %  sedang untuk propinsi partisipasi hanya 48 %. Ini harus diperbaiki karena ada pemahaman di rakyat pemilihan merupakan hak dan jika hak tidak dijalankan juga tidak menjadi masalah. “ Sejujurnya ini tidak boleh dipertahankan dan harus diberikan pemahaman kepada masyarakat bekaitan dengan kesadaran berbangsa dan bernegara sebutnya.
          Menurut Asal Padang rencana pilkada Dairi telah diusukan mereka pada tiga Opsi yakni pada 9 September, 9 Oktober aatau 28 Oktober 2013. Namun hingga kini itu belum dipastikan pemkab Dairi. “ Meski itu belum dipastikan namun yang jelas desember 2012 telah diketahui bupati terpilih Dairi periode 2014-2019. Kita sudah perhitungkan semua hal telah kelar pada bulan desember termasuk jika ada gugatan ke MK “ sebutnya.
          Sementara itu berkiatan dengan DPT Pilgubsu di Dairi yang diduga amburadul Asal padang menyebutkan sama mereka telah melakukan langkah. Hanya saja mungkin respon masyarakat yang kurang. “ Putusan MK Terbaru jika rakyat bawa KTP dan KK ke TPS tidak ada alasan menolak pasti diberikan hak suara. “ sebut Asal Padang.
                Namun demikian diakui dalam tahapan pilkada Dairi KPUD Dairi akan meminta daftar pemilih melalui Pemkab Dairi. Selajutnya ditetapkan dalam DPS dan DPT. Dipastikan untuk pemutahiran data akan dilakukan karena dalam anggaran yang dimajukan sudah ditampung dana untuk pemutahiran data Pemilih. Sehingga akan dapat diminimalisir kemungkinan komplain dan pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar