Rabu, 25 Juni 2014

Di Posko Almisbat Dairi Warga Sanggup Buka Baju Menunggu Sablon Kering



     Sidikalang-Dairi Pers : Entah fenomena apa yang terjadi dengan ketertarikan rakyat terhadap sosok jokowi. Posko Aliansi Masyarakat Sipil Untuk Indonesia Hebat Dairi yang membuka jasa untuk sablon wajah Jokowi fot presiden selalu ramai dikujungi masyarakat untuk membeli kaos bergambarkan Jokowi. Ada juga yang datang untuk sekedar menyablonkan gambar
wajah Jokowi di baju yang dibawanya.  “Jangan heran atau terkejut jika diposko ini sering terlihat orang buka baju. Itu bukan kepanasan namun sanggup demikian menunggu sablon baju yang dikenakannnya kering”
     Demikian disebutkan kordinator Almisbat Dairi Lilik Parlianto  kamis (19/6). “ anda lihat sendiri mereka hadir dari berbagai kecamatan dan sampai diposko baru mengetahui ada jasa sablon yah.. langsung mereka mensablon bajunya.  Sepertinya kita harus menyediakan baju serap. Jadi ketika baju simpatisan tengah disablon bisa sementara menggunakan baju serap. Jadi bisa terlihat lebih etis “ sebut Lilik tersenyum.
     Pantauan Dairi Pers Posko relawan Jokowi Dairi yang tergabung di Almisbat yang berada di Jalan singamangaraja (simpang Empat ) Sidikalang itu selalu ramai dikun jungi masyarakat. Pengunjung umumnya didominasi kaum muda . Banyak diantaranya berlatar aktifis, pedagang, kaum propesional hingga beberapa PNS. Namun PNS ini kebanyakan mengujungi posko pada sore hari atau sepulang jam kantor..
     Beberapa pengunjung yang semapat bertemu dengan Dairi Pers pada senin (16/6) misalnya Ginting penduduk jalan air bersih Sidikalang dengan mobil  pick upnya singgah dan menayakan stok kaos Jokowi. Pihaknya sukarela membeli 3 helai kaos yang katanya untuk istri dan anaknya.  Ginting pedagang pengumpul jeruk itu bercerita kalau dirinya hanya tamatan SMP. Namun tertarik dengan jokowi karena merakyat dan yang demikian harusnya pemimpinan di Negara ini.
     “ Saya tidak tahu politik. Sepanjang hidup juga mengurusi pertanian namun saya melihat di televisi  perjalanan Jokowi yang tulus , sederhana dan tidak banyak bicara. Itu yang membuat saya percaya.  Saya bosan melihat pemimpin yang  banyak  bicara dan pidato tetapi rakyat susah. Saya tidak pernah bertemu Jokowi tetapi saya yakin beliau orang baik dan tulus untuk rakyat” sebutnya sambil menikmati suguhan kopi gratis Almisbat menunggu baju pesanannya kering.
     Jasa sablon ini sengaja dibuka Posko Almisbat Dairi dan dikelola oaring-orang muda dimana untuk satu potong kaos yang disablon ditetapkan partisipasi Rp. 5.000. Sebahagian dari hasil jasa sablon ini diperuntukkan untuk pemenangan Jokowi-JK.
     Yang mencegangkan terjadi selasa (17/6) sekitar  pukul 17.00 Wib. Seorang lelaki dengan penampilan sangat sederhana memarkirkan sepeda motornya yang juga  sederhana di depan posko Almisbat. Mengenakan jaket kumal pria tersebut Bermarga Tobing tinggal di jalan Tapanuli Sidikalang. “ saya ingin mentransper uang kepada pemenangan Jokowi tetapi saya tidak tahu caranya sebutnya tulus dengan memberikan pecahan Rp. 10.000 disertai uang transper Rp. 2.000 . Pria ini  menyebut ingin berpartisipasi kepada Jokowi tetapi tidak faham cara mentrasper partisipasinya ke Bank dan meminta posko mentransper partisipasinya . Pria itu bahkan tidak sempat singgah minum kopi Gratis posko almisbat karena harus bekerja lagi.
     Sementara itu di dinding posko almisbat tertera para donator ikhlas lengkap dengan alamat penyumbang. Lilik menyebutkan kalau semua bantuan dan partisiapsi rakyat Dairi untuk pemenangan jokowi di umumkan tranparan dan terbuka  sehingga tidak timbul fitnah yang sering terjadi berhubungandengan Partisipasi masyarakat . “ Setiap hari perkembangan posko almisbat , kegiatan dan pera pengunjung terus kita laporkan ke Jakarta sebagai kordinasi.” Sebutnya
     Berkiatan dengan vigor yang memberikan partisipasi Lilik mengakui  juga aneh sekaligus bangga  dengan banyaknya respon masyarakat. “ Saya melihat Pak tobing itu sederhana . Mungkin bagi sebahagian  orang nilai Rp. 10.000 tidak seberapa namun mungkin kepada pak tobing suatu yang sangat berharga.  Saya sangat tidak bisa memberikan nilai ketulusan Pak tobing bukan pada nilai partisipasinya namun lebih dari pada itu pelajaran berharga betapa orang –orang keumuman sangat berharap ada perubahan di negeri ini “ tambahnya
Nobar
     Sementara itu sejak  minggu ke dua Juni posko Almisbat Dairi membuka kesempatan bagi masyrakat Dairi nonton bareng piala dunia di posko melalui layar lebar. Acara nonton bareng ini selalu diramaikan para penggila bola masyarakat Sidikalang. “ Kita ingin berkampanye simpati dan tidak  akan mau seperti yang terjadi di pusat sana. Kita ingin memberikan pencerahan, pengenalan, pemahaman dan sosialisasi siapa  Jokowi dan JK kepada rakyat. Bagi yang tertarik bisa mendapatkan brosur dan buku buku mengenai Jokowi secara gratis. Juga kalau dipertanyakan semua hal tentang capres nomor 2 ini  kita siap menerangkan .  Bagi yang tidak tertarik juga bukan masalah . Karena  bagaimana juga kunci akhir untuk memilih atau tidak memilih kembali kepada rakyat. Jadi tidak ada pemaksaan  atau intervensi karena hak pilih sesungguhnya hak azasi manusia “ sebut Lilik. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar