Rabu, 11 Juni 2014

105 Siswa SMAN 1 Sidikalang Lulus di PTN



     Sidikalang-Dairi Pers :  SMA Negeri 1 Sidikalang Kabupaten Dairi kembali meraih prestasi gemilang, karena behasil mengantarkan 105 siswanya lulus ke sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia melalui berbagai jalur seleksi penerimaan.

     Sebanyak 69 orang diantaranya diterima di PTN lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang diumumkan secara online oleh panitia SNMPTN tanggal 27 Mei 2014 lalu.
     Dari 69 orang siswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dimaksud, 13 orang diantaranya diterima di Universitas Padjajaran Bandung, 5 orang ITB, 3 orang di UGM, 3 orang UI, 9 orang Universitas Diponegoro, 9 orang Universitas Brawijaya, 3 orang IPB, 3 orang USU, 5 orang Unimed, 1 orang Universitas Jember, 2 orang Universitas Sudirman, 3 oang Universitas Lampung, 2 orang Universitas negeri Jakarta, 1 orang Univesitas Padang, 1 orang Universitas negeri Semarang, 1 orang Universitas negeri Yokjakarta, 1 orang Univeesitas pendidikan Indonesia, 2 orang univeristas negeri 11 Maret, dan 1 orang di Universitas Sriwijaya.
     Hal itu disampaikan Kepala SMA Negeri 1 Sidikalang, Abner Sianturi didampingi Wakasek bidang kurikulum, Silas S. Sohombing, dan Wakasek bidang kesiswaan, Dinmer Sihaloho, yang dihubungi BPB di Ruang Kepsek SMA N 1 Sidikalang,

Menurut Sianturi, sebelumnya sebanyak 36 orang siswanya juga telah diterima di berbagai PTN lainnya, lewat berbagai jalur seleksi penerimaan lainnya. Diantaranya, 13 orang diterima di IPB Bogor melalui Ujian seleksi masuk IPB (USMI), 2 orang masuk ke Akademi kimia analisis Bogor melalui jalur seleksi rapor, 4 orang di Poltekes Medan melalui jalur penelusuran minat dan prestasi ((|PMDP), 4 orang Universitas Diponegoro melalui jalur program seleksi siswa berprestasi (PSSB Diploma III), 12 orang di STT PLN Jakarta melalui jalur test tertulis, dan 1 orang di PTKI melalui bebas testing.
“Siswa SMA Negeri 1 Sidikalang, tidak hanya mengikuti seleksi di PTN, tetapi juga di PTS, dan 2 otang siswa kita telah lulus di Polteknik DEL Laguboti, melalui jalur PMDK”, ungkap kepsek.

Abner Sianturi mengakui, bahwa keberhasilan siswanya masuk ke sejumlah PTN itu, diraih berkat kerja keras, kerja sama dan dukungan semua pihak, terutama siswa, guru-guru, orangtua siswa, komite sekolah, dan pemerintah Kabupaten Dairi.   
 Pada kesempatan yang sama, Waksek bidang kesiswaan, Dinmer Sihaloho menjelaskan, bahwa system penerimaan mahasiswa baru di PTN tahun ini, dilaksanakan dengan 3 jalur yakni, Jalur SNMPTN yaitu seleksi yang dilaksanakan berdasarkan prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor, hasil UN dan prestasi lainnya, tanpa tes tertulis. (RMS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar