Rabu, 05 Juni 2013

Dalam 2 Bulan, Pemilih Dairi Bertambah 36.000 Orang


Ketua KPUD Dairi : Bisa Bertambah Bisa Berkurang
       Sidikalang-Dairi Pers : Sinyalemen dugaan ketiberesan dalam pelaksanaan pilkada Dairi tahun ini mulai terasa menyusul bertambahnya jumlah pemilih Dairi untuk Pilkada Dairi sekitar 36.246 suara.
Hal itu terekam dalam orasi pidato Calon Bupati Dairi Drs. Parlemen Sinaga, MM  di gedung nasional senin ( 27/5). “ kita harus bersama bersatu dan bangkit untuk perubahan di Dairi Pilgubsu jumlah pemilih di Dairi sekitar 194.504 orang dan kini jumlah pemilih Dairi menjadi 230.750 suara. Luar biasa dalam tempo 2 bulan jumlah pemilih di Dairi bertambah menjadi 36.000 “ sebut Parlemen yang disambut tepuk tangan ribuan massa dan simpatisan  yang hadir dalam acara deklarasi.


       Pertambahan luar biasa jumlah pemilih Dairi ternyata mengundang decak kagum serta senyum ejekan dari sejumlah tokoh di Dairi. Selamat Ujung ketua Pemuda Pancasila Dairi menyatakan jika dahulu ada isu serupa DPT tidak akurat silahkan namun pada pilkada Dairi 2013 dengan tegas Selamat ujung menyebutkan jangan dicoba lagi. “ Silahkan KPU bekerja secara propesional dan mentaati aturan saja. Benar mungkin itu data yang berasal dari pemerintah dan KPU wajib melakukan verifikasi. Kita ingatkan jajaran KPUD Dairi lakukan verifikasi sesuai hukum dan jalankan tahapan verifikasi dengan benar jika memang KPUD Dairi benar-benar pendukung demokrasi . Jika coba berbuat sesuatu yang melanggar hukum  tentu semua hal punya resiko” tegasnya.
       Hal senada juga disebutkan oleh tokoh Pmuda Dairi Lingga yang menyebut pertambahan jumlah pemilih di Dairi dalam 2 bulan hingga 36.000 suara sesuatu yang mulai pantas dibedah “ Untuk saat ini masyarakat Dairi menunggu apa tindakan  KPUD Dairi menyusul daftar yang diterima dari pemkab Dairi soal jumlah pemilih. Kita biarkan KPUD dan jajarannya lakukan verifikasi dan ingat rakyat juga punya data akurat soal orang-orang di TPS dan ketika muncul pemilih siluman silahkan KPUD Dairi lakukan perbaikan secepatnya. Ingat ini bukan pilkada langsung yang pertama , ini sudah yang kedua kalinya dan masyarakat sudah jeli dengan berbagai dugaan permainan suara. Silahkan KPUD Dairi tegas dan bertindak sesuai hukum untuk verifikasi jumlah pemilih , maka Dairi akan nyaman” sebutnya
       Reaksi kuat juga hadir dari berbagai kubu pendukung calon Bupati. Pisser Simamora ketua PKPB Dairi dengan tegas menyebutkan sangat tidak logika bahkan terkesan aneh bin ajaib dalam dua bulan bisa bertambah 36.000 pemilih di Dairi. Ini hal yang pantas dicermati ada apa sebenarnya. Saya tidak tahu logika manusia yang bagaimana hingga pemilih bisa bertambah hingga 36.000 dalam dua bulan. Ingat semua kita pendukung demokrasi dan jangan coba-coba bermain api ketika semua rakyat telah respon akan pilkada Dairi.  Mari KPUD Dairi lakukan verifikasi dengan benar dan bekerjalah sesuai aturan. Dairi milik bersama dan berusahalah menjadi wasit yang jujur. Semua hal punya resiko termasuk jika tidak mau melakukan aturan” tegasnya
       Sementara itu Dapot Matondang pendukung cabup Ir Luhut Matondang menyebutkan rakyat sudah ternanti dengan penempelan DPS oleh KPU di lokasi-lokasi strategis  sebagai mana biasa dilakukan KPUD Dairi. “ Kita sudah siapkan semua simpatisan dan tim sukses kita di lapangan ikut memverifikasi daftar nama rakyat yang ada di desa. Kita pastikan tim kita bekerja dan akan mengawal sejak dini agar pilkada Dairi ini berlangsung adil dan bebas upaya kenakalan. Ingat semua calon kepala daerah diberikan kuasa oleh undang-undang  untuk melakukan protes dan memberikan fakta sebenarnya hingga semua persoalan daftar pemilih selesai baru pilkada dilakukan. Saya yakin bukan hanya kubu Luhut Matondang yang akan melakukan itu tetapi semua pasangan calon. Itu mengisyaratkan semua rakyat sudah menjadi pengawas jalannya pilkada agar adil” Sebutnya
       Hal senada juga disampaikan Ketua PPRN Dairi Dahlan Sianturi yang dengan tegas menyebutkan boleh saja tambah sedemikian besar namun KPUD Dairi harus lakukan verifikasi.  Masyarakat tentu dapat menilai apa dibalik itu semua. “ Saya hanya ingin mengingatkan mari bicara demokrasi, mari menghormati hukum dan panji-panji kejujuran dan keadilan. Selama dapat dibuktikan silahkan namun ketika ditemukan pemilih siluman segeralah coret dari daftar. Sudah usang cerita jumlah pemilih ganda dan pemilih siluman. Mari kembali ke jalan yang benar dan tegas saja akan aturan main di pilkada. Sampai sekarang kita masih berpandangan positif dan rakyat mari disemua TPS respon dan tegas soal pemilih di TPS masing-masing karena itulah awal demokrasi yang baik di Dairi “ sebutnya.
Ketua KPUD Dairi Veryanto Sitohang yang dikonfirmasi Dairi Pers selasa ( 28/5) via ponsel menjelaskan jumlah DP 4 yang diserahkan oleh kemendagri melalui pemkab Dairi 230.756 orang. Angka tersebut akan kami sandingkan dengan DPT terekahir 194.504 orang untuk kemudian menjadi DPS. DPS tersebut akan dimutahirkan oleh pantarlih dan PPS. Maka kemungkinan DP 4 kemungkinan besar boleh bertambah atau berkurang sesuai  dengan hasil pemutahiran pemilih.
Dihimbau kepada masyrakat yang telah memenuhi syarat sebagsai pemilih agar beropartisipasi aktif untuk melihat apakah namanya sudsah terdaftar atau tidak, ujar Veryanto  (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar