Rabu, 07 November 2012

Dairi Baru Atau Dairi Lama ?


     Sidikalang-Dairi Pers : Beberapa wajah baru yang bakal maju untuk pemilukada Dairi 2013 telah muncul. Meski demikian penguasa lama (Incumbent) Johnny Sitohang disebut-sebut masih
yang terkuat dalam pemilihan mendatang. Apakah rakyat Dairi akan bertahan di gaya pemerintahan lama atau berani memberikan mandat bagi wajah baru yang menawarkan harapan perubahan?
      Bupati Dairi Johnny Sitohang dan wakil Irwansyah Pasi, SH memasuki tahun ke empat pemerintahan di Dairi. Pasangan ini semasa kampanye membawa jargon pelangi yakni pemerintahan serasi suku Toba dan Pakpak sebagai pemangku hak ulayat. Tentu janji pelangi yang di dengung-dengungkan itu kini telah dirasakan rakyat Dairi apakah benar atau hanya sekedar jargon. Rakyat Dairi tentu bisa menilai persentasi pejabat  yang duduk di kursi empauk sesuai dengan janji pelangi itu.  Salah satu  yang belum ditunaikan pemerintahan sekarang yakni harapan  umat Muslim . Hingga kini tidka ada pejabat beragama muslim duduk di eselon II di pemkab dMiri.


      Johnny-Irwansyah Pasi, SH  yang menang secara mengejutkan tiga tahun lalu itu langsung membuat program “ bekerja untuk rakyat” yang dilakukan dengan langsung membawa serta semua pejabat eselon ke desa- desa dan menginap untuk pelayanan ke masyarakat. Dengan kesadaran penuh  semua pejabat turun tangan langsung berupaya mensejahterakan rakyat dengan langsung melakukan panen hasil pertanian. Langsung memegang cangkul. Mencat rumah ibadah, sekolah , melakukan pelayanan KTP dan kesehatan masyarakat.
      Pada malam harinya rakyat disuguihkan  kibod dan joget bersama. Bagi yang beruntung akan mendapat saweran dari sang orang nomor satu di Dairi ini. Program ini dilakukan selama bertahun-tahun namun hingga kini belum ada publikasi resmi pemerintahan Johnny  atas program yang diagungkan itu atas prestasi pencapaian dan sumber dana untuk kegiatan tersebut. Kendati demikian harus diakui program ini mampu mengundang simpati rakyat pada kelas bawah dengan berbagai decak kagum “ baru ini seorang bupati mau tidur di desa” . Rakyat desa juga bangga jika bisa bersalaman dengan bupati . Hal ini langsung mengangkat popularitas Bupati . Jika Bupati Johnny Sitohang dapat mempublikasikan berapa peningkatan ekonomi rakyat pada desa yang dikunjungi secara terukur maka vigur ini akan mulus pada periode ke dua.
      Lebih dari tiga tahun pemerintahan Johnny-Irwansyah ini hingga kini dinilai berbeda dengan pemerintahan MP Tumanggor dan Drs. S. Is Sihotang. Jika pemerintahan MP Tumanggor melahirkan berbagai banguann fenomenal seperti TWI, stadion sepak bola baru, pasar Sidikalang, PDR Sitinjo dan paling fenomenal bagi warga Pakpak berdirinya kabupaten pakpak Bharat. Sedang Drs. S. Is Sihotang menorehklan karya  membelah jalan protokol dua jalur, Mess pemkab Dairi di Medan, Balai budaya serta berbagai bangunan lain.
      Sementara itu pemerintahan Johnny-Irwansyah juga meniru pemerintahan Drs. S. Is Sihotang dengan mess pemkab Dairi di Jakarta. Sayang mess ini bukan milik Dairi hanya menyewa dengan harga Rp. 1,1 Miliar selama lima tahun. Untuk bangunan baru yang fenomenal hingga kini pemerintahan sekarang belum ada berbuat.
      Pemerintahan Johnny-Irwansyah masih mengandalkan program kunker yang dilakukan sekali dalam dua minggu dan harus diakui program ini mendongkrak popularitasnya bagi masyarakat di Desa.
      Sementara itu dua bakal calon kandidat Bupati Dairi mendatang Ir. Luhut Matondang yang dikenal sebagai pengusaha sukses putera kelahiran batang beruh Sidikalang diperkirakan bakal maju bertarung untuk kursi nomor satu di Dairi. Direktur utama beberapa perusahaan ini dikenal sosok sederhana yang selalu tampil dengan gaya bersahaja. PT Sabaritha dikenal paling populer dengan spesialisasi aspal hotmix hingga Dairi. Wajah baru ini diperkirakan bakal maju dengan konsep perubahan di Dairi. Vigur ini juga siap menawarkan berbagai kemudahan bagi rakyat yang berbeda dengan pemerintahan sekarang.
      Sementara itu Drs. Passiona Sihombing ,MBA merupakan wajah baru yang telah mendeklarasikan diri siap bertarung di pilkada mendatang . Vigur ini tampil dengan tawaran baru bagi masyarakat Dairi  “ Pendidikan Gratis untuk anak Dairi, Kartu berobat Gratis untuk rakyat kurang mampu, Fasilitasi Pemerintah atas masalah modal pertanian dan pendirian pasar lelang untuk menjaga kestabilan harga panen petani dan jaminan PNS tanpa air mata”. Passiona menyebut siap menandatangani kontrak itu kepada masyarakat  sebagai jaminan . Foto kopi janji itu akan disebar kepada masyarakat . dengan tujuan jika kelak dia tidak mewujudkan itu maka rakyat dapat menuntutnya mundur dari jabatan bupati”
      Vigur ini disebut banyak orang sebagai vigur yang lahir dari kaum bawah dan deklarasinya di dukung orang-orang kaum marginal Dairi (orang-orang  kecil) . Keberanian tokoh ini dalam mencalonkan diri dari PDI-P Dairi disambut pro dan kontra. Namun secara umum menyebut “ Tanpa uang tidak mungkin menang  menjadi Bupati di Dairi”.  Komentar itu diperkuat dengan fakta tidak mudah mengalahkan pejabat incumbent bupati Johnny Sitohang  yang serba mapan.
      Namun demikian kembali kepada warga Dairi yang akan memilih apakah bertahan dengan pemerintahan sekarang yang telah dirasakan rakyat kepemimpinannya atau apakah rakyat akan memilih pemimpin baru  Dairi dengan tawaran perubahan dalam memimpin Dairi?   (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar