Kamis, 27 September 2012

Dua Muird SD Dairi Raih Perak OSN


·               The Best Ekperiment Tingkat Nasional
Sidikalang-Dairi pers :  Sarah Panggabean dan Josua Saragih pelajar kelas 6 SD St Yoseph, Sidikalang Dairi berhasil meraih Perak (Juara II ) Nasional Olompiade Sains tingkat SD mata pelajaran IPA. Event yang berlangsung 2 s/d 7 September di Jakarta itu juga sekaligus mengukir
sejarah anak Dairi berhasil memenangkan “ the Best Experiment” tingkat Nasional. Dua icon pelajar SD Dairi ini selasa (18/9) beraudensi kepada Ketua DPRD Dairi Delphi M Ujung, SH, Msi. Calon ilmuan ini membawakan serta penghargaan yang dterima berupa sertifikat, piala dan medali perak hasil OSN Jakarta. Keduanya hadir di dampingi guru pembia Suster Hendrika. Hadir menerima audensi ini ketua komisi C DPRD Dairi Dapotan Silalahi dan anggota Komisi C Binsar Sinaga, SE.
Sarah Panggabean dan Josua Saragih yang diwawancarai Dairi pers atas keberhasilan itu menyebutkan sangat senang dapat menjadi utusan Sumut untuk OSN Jakarta. Berkaitan prestasi yang diraih dikatakan meski mendapat juara II Nasional belum puas dan mengimpikan emas. Dikatakan mungkin tahun depan bukan mereka lagi yang menjadi utusan Namun berharap tetap anak Dairi yang mewakili sumut dan membawa medali emas untuk persembahan untuk Dairi.

Menjawab persiapan untuk OSN disebutkan hanya menambah jam belajar dan secara intensif dilatih di sekolah. Sedang berkaitan dengan cita-citanya  Sarah menyebutkan ingin menjadi wanita karir dan Josua Saragih bercita-cita jadi Insinur sipil.
Sementara itu guru Pembimbing suster Hendrika menyebutkan sejak tahun 2007 SD Katholik Sidikalang menjadi duta Dairi ke Olimpiade Sumut dan Nasional. Menjadi suatu kebanggaan bagi  SD Khatolik Sidikalang turut membawa nama harum Dairi. Menjawab resep siswa sekolah ini selalu menjadi Duta dengan tersenyum suster Hendrika menjelaskan mungkin dimulai dari disiplin belajar dan yang paling utama berdoa
Disebutkan usai mendapat penghargaan juara ada tawaran dari Sragen Bingual Boarding School, (SBBS) Jateng kepada mereka bea siswa jika mau melanjutkan sekolah ke tingkat SMP disana.
Ketua DPRD Dairi Delphi M Ujung menyebutkan bangga mendengar prestasi yang diperoleh dan hal itu salah satu pilar dari pembangunan Dairi bidang pendidikan. Disamping itu dikatakan melihat prestasi tersebut sudah sewajarnya pemkab Dairi dan DPRD Dairi memberikan apresiasi semacam anggaran untuk siswa yang akan berangkat mewakili Dairi ke Olimpiade Sumut dan Nasional. Dengan support dana yang  ada maka rasa percaya diri murid akan terdorong. “ Boleh saja orang tua siswa yang sekarang berasal dari orang tua yang berkemampuan. Namun jika kelak misalnya orang tua siswa dari yang kurang mampu maka akan menjadi masalah. “Jadi wajar rasanya prestasi seperti ini kita apresiasi “ sebutnya.
Ketua Komisi C Dapotan Silalahi didampingi Binsar Sinaga, SE menyebutkan luar biasa anak Dairi dapat meraih dua penghargaan sekaligus perak olimpiade dan the best experiment IPA. Hal itu tidak terlepas dari peran sekolah dan orang tua. “ pantas  dan wajar prestasi seperti itu dapat dibantu APBD Dairi sehingga menjadi motivasi. Disebutkan pihaknya selaku komisi yang membidangi pendidikan akan mengupayakan anggaran ke depan yang dapat memberikan apresiasi kepada utusan olimpiade Dairi sehingga mereka yang membawa nama harum Dairi termotivasi. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar