Kamis, 01 Mei 2014

DPRD Hasil Pemilu Dairi Dilantik Oktober



      Sidikalang-Dairi Pers : Hasil pemilu untuk DPRD Dairi tahun 2014 diperkirakan akan dilantik pada oktober 2014. Dapat dipastikan wakil rakyat untuk kursi kabupaten ini didominasi wajah-wajah baru dan hanya sekitar 10 orang incumbent kembali menduduki kursi dewan. Sebanyak 35 dewan yang menang terpilih telah menyisihkan 316 caleg dari 12 parpol peserta pemilu di Dairi.

      Sebagaimana diperkirakan sebanyak 25 wajah baru DPRD Dairi akan mewakili rakyat Dairi sedang 10 merupakan wajah lama yang telah menjalankan tugasnya 1 periode di Dairi. Sebelumnya jumlah kursi DPRD Dairi hanya 30 kursi sedang seiring pertambahan jumlah penduduk mulai tahun 2014 jumlah kursi DPRD Dairi menjadi 35 kursi.
      Sejumlah wajah baru yang diperkirakan duduk di kursi dewan yakni dari partai golkar mayoritas wajah baru dan tenaga muda. Mereka yang diperkirakan duduk diantaranya Deprianto Sitohang, Johanson manik, Arsenius Marbun, Ruki Nainggolan, br tobing, barus dan beberapa wajah baru. Sementara dari PDIP diperkirakan hanya satu wajah baru yakni Tondang, dari partai gerindra sebanyak 4 orang kesemuanya wajah baru, Nasdem hal yang sama diperkirakan Nasib Sihombing, Sobat Maha dan satu dewan perempuan dari dapil III. Sementara dari PAN diperkirakan dari 4 kursi 3 merupakan wajah baru.
      Dari partai Hanura sebanyak 5 kursi diperkirakan 3 diantaranya wajah Baru, partai democrat memperoleh 2 kursi  1 orang diantaranya wajah baru Markus Purba , PKPI Hendra Sinaga dan PKS Jono Pasi juga merupakan wajah baru
      Hingga kini jumlah perolehan suara pemilu telah dipastikan namun berkaitan dengan  siapa caleg yang akhirnya direkomendasi ketua Parpol kabupaten ke DPRD tetap ditangan ketua kabupaten.. Meski diatas kertas perolehan suara terbayak namun tetap yang mengusulkan nama bakal anggota DPRD adalah ketua parpol Kabupaten
      Sebelumnya anggota KPU Dairi Surung Simanjuntak didampingi Tambar Malem sagala menyebutkan jumlah perolehan parpol dikonversi ke partai untuk jumlah perolehan kursi dewan. Namun berkaitan dengan siapa yang direkomendasi kembali ketua Parpol kabupaten. “ Memang tetap perolehan suara terbanyak namun yang dilihat KPU adalah rekomendasi ketua paprol “ sebut Surung.
      Sementara itu periode DPRD Dairi akan berakhir oktober 2014 sekaligus melantik dan mengangkat sumpah DPRD periode 2014 -2019. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar