Kamis, 06 Maret 2014

Richard EM Lingga, SE: “Dekat Ke Rakyat Bukan Karena Caleg”



      Sidikalang-Dairi Pers : Pemilik usaha Bale Karina Richard EM Lingga, SE yang kini masih aktif sebagai Anggota DPRD-Sumut dikenal masyarakat di tiga Kabupaten Dairi, Karo dan Pakpak Bharat dekat dengan rakyat bukan karena Caleg. Tercatat sebagai
anggota DPRD-SU yang paling rajin menjumpai konstituennya dan tercatat sebaagi wakil rakyat yang hoby memfasilitasi mendatangkan  dana pemrovsu untuk digunakan kelompok masyarakat dari Dapil XII.
      Pria berkumis yang menyukai pangkasan plontos tersebut berngkat dari pengusaha. Tahun 2009 vigur yang mempersunting Boru Ambarita tersebut secara mengejutkan terpilih sebagai satu-satunya orang Dairi yang berhasil menduduki kursi DPRD-SU. Nama yang sebelumnya tidak diperhitungkan tersebut ternyata mampu menggetarkan jagat perpolitikan Sumut. Kehadiran Richarad duduk di kursi DPRD-SU sepertinya dapat mengobati sedikit rasa kecewa masyarakat atas berpulangnya Alm. Abdul Azis Angkat ketua DPRD-SU.
      Orang yang tidak pernah diperhitungkan itu ternyata mampu meraih simpati rakyat di tiga kabupaten Dairi Karo dan Pakpak Bharat. Mobilitas yang tinggi mengunjungi rakyat membuat namanya kian populer. Bukan sekedar berkunjung Richard Mampu menjawab sebagian besar keluhan dan permohonan masyarakat.
      Berbagai bantuan propinsi berhasil digiringnnya ke tiga Kabupaten ini. Yang membuatnya semakin dikenal dikalangan masyarakat bawah karena bantuan langsung masuk rekening kelompok masyarakat. Bantuan social untuk keagamaan yakni pembinaan rumah-rumah ibadah berhasil digiringnnya dengan jumlah bantuan yang fantastis mencapai ratusan juta rupiah. Kelompok petani dan peternak juga mendapatkan bantuan berupa bibit bebek, kambing, babi, kerbau dan sapi. Kelompok pemelihara ikan juga mendapat bantuan bibit ikan mas dan ikan nila . Tak jarang Richard mengajak pemkab Dairi untuk ikut menabur benih kala bantuan berhasil dibawa ke Dairi.
      Satu yang membuatnya semakin menarik jabatannya sebagai public vigor yang bagi kebayakan orang dijadikan gengsi dan alasan untuk membatasi pergaulan justru bukan menjadi pilihannya. Ketika orang tidak perduli dengan penderita sakit jiwa yang dipasung. Richard dengan dana pribadinya membawa puluhan penderita gangguang jiwa berobat ke RSJ Medan.
      Demikian juga penderita katarak, bibir sumbing merupakan perhatian khusus yang hampir setiap tahun dilakukan pengobatan bersama dengan sejumlah lembaga yang menjadi jaringannya.  Perhatian bagi lansia , Para penderita cacat fisik seperti kaki putung dan tangan putung mendapat bantuan gratis pemasangan kaki palsu dan tangan palsu. Bantuan itu dianggap sangat berarti menambah harga diri dan membuat kepercayaan diri para penderita cacat fisik ini kembali.
      Mungkin Richard satu-satunya dewan yang memperhatikan nasib jurnalis, LSM dan pasukan pembersih jalan kota Sidikalang. Secara rutin  setiap akhir tahun kelompok kalangan masyarakat yang sering terabaikan ini di undang untuk makan bersama sekaligus pembagian daging menyambut Tahun baru. Agenda itu menjadi agenda tetap yang setiap tahun jumlahnya terus bertambah.
      Dalam dunia pendidikan dewan yang  rajin mengunjungi kelompok masyarakat ini nyata sangat merespon kemajuan dan fasilitas sekolah. Puluhan sekolah negeri dan swasta di fasilitasi untuk mendapat bantuan kelengkapan pendidikan. Bahkan dari kelompok Dairi satu hati yang merupakan kumpulan perantau Dairi pernah membagikan 20.000 pasang sepatu untuk anak sekolah. “ Sepertinya setiap ada kesempatan untuk rakyat Richard tidak perduli dari mana sumbernya. Namun yang utama baginya bisa menjadi fasilitator meenyampaikan bantuan itu langsung kepada masyarakat.
      Ayah yang telah dikaruniai 2 orang anak ini juga tidak risih ikut memikirkan kebutuhan terkecil kelompok masyarakat seperti alat-alat pesta , tenda nahkanm air mineral . “ Saya perhatikan untuk pesta masyarakat di desa repot harus menyewa tenda dan alat masak. Maka kita fikirkan bagaimana agar masyarakat itu nyaman mempunyai alat tersendiri yang dapat digunakan bergilran. Ini akan membantu mereka yang berada di desa sebutnya. (Bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar