Selasa, 14 Mei 2013

Siswa SMA N 1 Pegagan Hilir Stress Hadapi UN

                Pegagan Hilir-Dairi Pers : Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kabupaten Dairi selama menjalani UN, ternyata masih banyak siswa yang mengalami persoalan dan masalah dalam menjalaninya.


                Beberapa siswa SMA N 1 Pegagan Hilir Kabupaten Dairi mengatakan selama pelaksanaan UN, hampir semua siswa mendapatkan kendala. Kamis (18/4) kepada Dairi Pers, hampir seluruh siswa menyatakan stress  dalam menghadapi UN saat ini. Hal itu disebabkan dengan tingkat kesulitan soal ujian. Siswa menyatakan hampir 50% soal setiap mata pelajaran yang disusun oleh panitia penyelenggara UN sangat jarang siswa pelajari. Inilah sebabnya setiap siswa SMA N 1 Pegagan Hilir mengaku mengalami stress. Walaupun demikian tingkat kesulitan soal UN hingga membuat siswa stress, siswa tetap optimis dalam menghadapinya.
Kepsek SMA N 1 Pegagan Hilir Drs.Japiter Simbolon, selasa (30/4) kepada Dairi Pers menyampaikan hal yang sama seperti apa yang dirasakan oleh setiap siswanya. Tingkat kesulitan soal UN  saat ini sangat tinggi. Menurutnya soal UN yang siswa ujikan, sewajarnya ini diujikan oleh perguruan tinggi. Kepala sekolah Drs.Japiter Simbolon bukan hanya tingkat kesulitan soal saja yang membuat siswa menjadi stress, namun rendahnya kualitas Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN), kualitas lembar jawaban sangat tipis. Jika siswa kuat melingkari lembar jawaban maka dengan gampang bolong. Ketika siswa ingin menghapus jawaban yang mereka anggap salah, pilihan jawaban yang warna merah ikut juga terhapus. Lembar soal UN masih banyak terdapat bintik-bintik hitam, coret-coretan hingga menutupi soal UN yang siswa akan ujikan, dan masih banyak terdapat kurangnya huruf disetiap kata dalam soal UN.
               Tingkat kesulitan yang siswa rasakan saat ini dalam menjalankan UN  sangat jauh lebih tinggi dari pada tingkat kesulitan UN tahun-tahun sebelumnya. Walaupun demikian tingkat kesulitan yang siswa rasakan saat hingga membuat siswa stress dalam menjalankannya, kepala sekolah SMA N 1 Pegagan Hilir Drs.Japiter Simbolon tetap merasa yakin bila kelulusan tahun ini disekolah yang dibinanya tetap 100% seperti tingkat kelulusan tahun-tahun kemarin.(RMS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar