Rabu, 30 Januari 2013

Tren Rakyat Dairi Tidak Utamakan Uang Tapi Program


Sidikalang-Dairi pers: Tokoh masyarakat Dairi Raja Ardin Ujung menyebutkan ada semacam tren pada masyarakat Dairi untuk pilkada Dairi mendatang tidak mengutamakan uang lagi.
Namun lebih mengutamakan program realistis apa yang dibuat kandidat untuk kemakmuran mereka.
Demikan disampaikan pekan silam kepada Dairi pers di rumahnya . Dikatakan  ada hal yang luar biasa terjadi di masyarakat Dairi bahkan hingga desa uang bukan segalanya lagi. Namun pasti akan melihat Calon Bupati yang realistis program kerjanya dan memang dapat memberikan harapan untuk perubahan hidup nereka. “ kita tidak tahu pasti apa yang paling mempengaruhi pola pikir rakyat ini . Boleh jadi melihat hasil pembangunan sekarang dan boleh juga karena fenomena kemenangan jokowi di DKI Jakarta yang tulus untuk rakyatnya. sehingga membuat rakyat Dairi berubah cara berpikirnya” sebut Ardin.
          Dikatakan sejatinya sebuah  pesta demokrasi baik pemilihan  Bupati , gubernur atau presiden memang harus hindarkan money politik karena sesungguhnya demokrasi akan mati ketika para kandidat meracuni rakyat dengan uang. Logika sederhana ketika kandidat melakukan politik uang agar terpilih maka otomatis pejabat tersebut kelak saat duduk akan memeras rakyat dan akhirnya rakyat juga yang akan merasakan akibatnya” tambahnya.
          Berkaitan dengan pilkada Dairi tokoh yang juga ketua Forkala Dairi ini menyebutkan siapapun berhak maju namun sebagai putera Pakpak pihaknya hanya akan mendukung pasangan yang pelangi Pakpak. Ini adalah sebuah tuntutan kewajaran dan bagaimanpun juga kami suku pakpak wajib mempertahankan dan berda pada garis depan untuk kepentingan suku ini. jika bukan kami yang memperjuangkan hak kami lantas siapa lagi “ tegasnya.
          Sementara menjawab beberapa nama yang diperkirakan maju untuk kandidat pilkada mendatang dikatakan halal- halal saja selama memenuhi persyaratan administrasi  untuk maju sebagai kandidat. Namun untuk suku Pakpak berada dalam pasangan merupakan suatu harga mati yang akan didukung mereka. Sedang jika kelak ada beberapa pasangan yang memilih pelangi  pakpak maka mereka akan menilai mana sesungguhnya vigur yang tulus memberi perhatian bagi Pakpak.
          Dikatakan kalau pilkada langsung lalu telah banyak memberikan pelajaran berharga kepada masyarakat Dairi . mungkin memilih karena emosional karena uang dan juga memilih karena kepentingan sudah bukan jamannya lagi. . Namun dikatakan cara berpikir masyarakat telah berubah dan kini lebih realistis memilih calon yang layak dan punya komitmen matang dalam membangun Dairi. Cukup pilkada lalu menjadi pengalaman bagi semua sehingga tidak terulang lagi kesalahan serupa , katanya (R.07).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar