Rabu, 05 Juni 2013

Ratusan Orang TudingTanda Tangannya Dipalsukan


      Sidikalang-Dairi Pers : Diperkirakan ratusan orang dipalsukan tanda tangannya untuk berkas kelengkapan dukungan untuk calon independen dalam pilkada Dairi.  Hampir disemua dari  kecamatan di Dairi ada orang yang merasa
tidak pernah memberikan dukungan  pencalonan independen namun nama dan tanda tangannya tercantum dalam dukungan untuk salah seorang calon independen.

      Hakim Matanari, SH warga Batang Beruh, J. Sondang Berutu ketua Kadin Dairi Dan Sahat Bancin juga warga batang beruh rabu (29/5) kepada sejumlah wartawan menyebutkan sangat terkejut nama dan KTP mereka tercantum dalam berkas dukungan calon perseorangan Pdt. Samuel Sihombing – Rudy Sembiring. Hakim menyebutkan dirinya tidak pernah memberikan foto kopi KTP bahkan menandatangani berkas dukungan untuk calon independen itu. “ Saya merasa ini adalah  suatu yang melecehkan dan ini benar-benar pemalsuan tanda tangan dan bagi saya ini harus ditelusuri secara hukum. Pelaku pemalsuan adalah perbuatan criminal dan kami akan melakukan upaya hukum untuk pemalsuan ini “ sebutnya.
      Hal senada juga disampaikan J Sondang Berutu ketua Kadin Dairi yang menyebutkan sangat  terkejut namanya tercantum dalam mendukung calon independen Pdt Samuel Sihombing. Saya mengenal baik beliau namun saya tidak pernah mendukungnya dalam pencalonan jalur independen. Saya sangat terkejut ada tanda tangan saya dalam mendukung dan saya pastikan tanda tangan saya dipalsukan. Sesungguhnya ini awal yang buruk dalam pencitraan maju jadi kepala daerah. Saya tidak yakin itu dilakukan kandidat namun mungkin orang-orang disekelilingnya hingga nama baik beliau tercoreng akibat ulah para pendukungnnya “ sebut Berutu.
      Hal yang sama disebutkan Sahat Bancin juga warga batang beruh jika dari satu kelurahan saja sudah ada tiga orang dipalsukan maka jika diteliti lebih jauh pasti  jumlahnya akan membludak. “ Saya sangat keberaran  tanda tangan saya dipalsukan dan saya nyatakan protes dan menempuh jalur hukum.” Sebutnya.
      Sekretaris Pemuda Pancasila Dairi Jhon Tony Dabutar, SH bahkan menjadi orang yang sangat terpukul karena namanya juga ikut dalam berkas dukungan pencalonan Pdt Samuel Sihombing. “ Ini benar-benar sebuah pelecehan dan saya tidak akan diam atas pemalsuan ini . Saya juga mendapat laporan dari beberapa teman kalau nama mereka juga ikut dalam berkas dukungan padahal kami tidak pernah menyampaikan dukungan untuk Pdt Samuel Sihombing.
      Jhon Tony Dabutar berpesan kepada KPUD Dairi agar bertindak sesuai hukum dan lakukan verifikasi dukungan dari calon perseorangan secara jujur. “ Rakyat Dairi sudah jeli dan mohon KPU bertindak secara jujur saja dalam verifikasi. Jangan nanti akibat tidak propesional dalam bekerja timbul hal negative di Dairi “ sebut Tony Dabutar.
      Sementara itu laporan wartawan Dairi pers siempat Nempu Hulu Diman Lumbanbatu menyebutkan diperkirakan puluhan  nama warga di Tualang dan beberapa desa di kecamatan Sinehu juga mengatakan nama mereka ikut tercantum dalam dukungan pencalonan Pdt Samuel Sihombing padahal tidak pernah memberikan tanda tangan. Mereka terkejut melihat nama mereka terdaftar dalam dukungan jalur perseorangan. Direncanakan akhir mei ini warga yang merasa keberatan itu akan protes ke KPU bahkan mungkin ke polres Dairi akibat nama dan tanda tangan  mereka dipalsukan.
      Infromasi yang berhasil dikumpulkan Dairi Pers dari Ketua LSM ICW Dairi Marulak Siahaan menyebutkan diperkirakan jumlah mereka yang merasa tidak pernah memberikan dukungan kepada Pdt Samuel Sihombing namun nama dan tanda tangannya telah digunakan sebagai alat kelengkapan berkas. “ Kita masih menyelidiki dan mengumpulkan bukti-bukti dukungan palsu tersebut. Kita memang telah melakukan klarifikasi atas sejumlah nama seperti ketua PAN Dairi Azhar Bintang, Jhon Tony Dabutar serta sejumlah nama dan kebenarannya akurat mereka tidak memberikan dukungan namun nama mereka tercantum dalam berkas dukungan.
      Marulak menyebutkan mari KPU Dairi bertindak propesional dan jujur melakukan verifikasi berkas pencalonan hingga Dairi tetap kondusif. Tentu pemalsuan tanda tangan adalah pidana . Dan kita yakin itu bukan perbuatan kandidatnya namun mungkin dilakukan orang-orang disekelilingnya.  “ Masyarakat Dairi mengenal betul siapa Pdt Samuel Sihombing dan tidak yakin pihaknya melakukan pemalsuan tanda tangan hanya untuk berkas dukungan. Namun apa yang dilakukan siapapaun itu telah merusak reputasi pdt Samuel Sihombing yang selama ini dikenal dekat dengan rakyat :” sebut Marulak. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar