Rabu, 05 Juni 2013

Kadis Cipta Karya Dairi Bergaya “ Ngeles” Soal Sumber Dana Bedah Rumah


· DPRD Dairi Siap Panggil Jisler Untuk Klarifikasi
      Sidikalang Dairi Pers : Kepala dinas Cipta Karya dan tata ruang kabupaten Dairi Ir. Jisler Lumban batu bergaya”ngeles”  menjawab pertanyaan wartawan sekaitan dengan sumber dana untuk bedah rumah tahap ke dua di Kabupaten Dairi.
Oknum kepala dinas yang disebut sebut sekaligus PPTK bedah rumah kabupaten Dairi coba “ ngeles” dan berputar putar menjawab pertanyaan Dairi pers akan sumber dana untuk program bedah rumah . Entah apa yang dipikirkan oknum ini hingga tidak berani jujur untuk mengatakan kebenaran.
      Jisler Lumbanbatu yang coba dihubungi via handphone rabu tidak mengangkat. Dalam sms yang dikirmkan Dairi Pers “ aku tumeang dairi pers. Untuk meluruskan berbagai informasi yang berkembang di desa bahwa program bedah rumah dari salah satu parpol. Mohon komentar bapak bagaimana sebenarnya…. Trims. Dan dijawab oknum kepala dinas cipta karya melalui sms “ menurut saya hubungan parpol tersebut dengan kementerian perumahan rakyat dengan baik. Selanjutnya Dairi pers mengirimkan pertanyaan lebih lanjut “surat warga Tualang kepada kami yang juga ditembuskan kepada Bapak bahwa bedah rumah itu dari Partai “G” dan JS yang juga bupati Dairi apakah ini benar? Oknum kepala dinas cipta karya Dairi ini tidak membalas lagi.
      Sementara itu masalah bedah rumah yang diisukan merupakan salah satu karya partai dan sumber dana untuk bedah rumah berasal dari oknum salah satu balon bupati tengah menyaru dan menimbulkan polemic di desa. Bahkan beberapa warga desa melayangkan surat ke Bupati mempertanyakan hal itu. Masalah bedah rumah terkesan dipolitisir oleh sejumlah oknum bahkan disinyalir sejumlah kepala desa ikut-ikutan berlagak “ pikun” tidak mau menerangkan kebanaran kepada warganya.
      Surat masyarakat desa Tualang yang ditandatangani lima warganya menerangkan kalau oknum kepdes Kalep Sianturi menyebutkan  kalau sumber dana bedah rumah untuk tahap kedua bersal dari satu partai di Dairi.
      Panggil Kadis Cipta Karya
      Anggota DPRD Dairi Dahlan sianturi bersama Pisser A Simamora saat membaca sms jawaban kadis Cipta Karya Dairi Jisler Lumban batu menyebutkan sangat  menyesalkan jawaban tersebut karena terkesan tidak transparan dan menyembunyikan sesuatu. “ Kita memang telah mendapat laporan juga dari hampir semua kecamatan di Dairi akan isu dana bedah rumah  dari salah satu partai. Bagi dewan ini merupakan sesuatu yang serius ketika ada kemelut dan kesalahan pemahaman yang terjadi di masyarakat. Dewan akan berdiskusi untuk dapat memanggil kepala dinas Cipta Karya Dairi sebagai PPTK bedah rumah Dairi untuk mengklarifikasi informasi itu sekaligus memberikan penjelasan yang benar kepada masyarakat” ujar Dahlan.
      Hal senada juga diungkapkan Pisser A Simamora yang menyebutkan harusnya seorang kepala dinas yang mengurusi proyek tersebut mengatakan hal yang sebenarnya saja sehingga pers dapat memberitakan hingga rakyat tidak menjadi bingung dilapangan. Transparansi merupakan kewajiban pemerintah dan harusnya itu yang dilakukan kepala dinas Cipta Karya. Tidak melakukan itu tentu dewan berhak mengundang siapa saja eksekutif untuk menjelaskan kebenaran sebuah informasi. “ Kita dewan serius soal ini dan harus diluruskan infromasinya darimana sebenarnya sumber dana untuk bedah rumah di Dairi” sebut Pisser. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar