Rabu, 10 Oktober 2012

Tahun Depan Pilkada Dairi


Johnny Sitohang Masih Termapan
      Sidikalang-Dairi Pers : Pemilukada Dairi yang diperhitungkan berlangsung september 2013 diperkirakan tidak banyak calon yang muncul. Hal itu diperkuat hingga oktober 2012 atau setahun lagi pemilukada Dairi tak satupun balon Bupati Dairi  yang muncul menyatakan siap bertarung untuk kursi nomor 1
di kabupaten Dairi. Kondisi ini semakin menguatkan bupati Incumbent Johnny Sitohang masih yang termapan dalam pemilukada mendatang.
      Data yang diperoleh Dairi Pers dari perantau Jakarta pekan silam menyebutkan tidak ada  balon dari perantau Dairi  di Jakarta yang berniat mencalonkan diri menjadi kandidat di Dairi. Persoalan perantau Dairi yang berada di Jakarta cukup sederhana enggan pulang kampung karena telah berada di titik aman.
      Sejumlah nama-nama besar anak Dairi yang kini sudah sekaliber nasional enggan bertarung untuk kursi Bupati Dairi karena secara umum telah mempunyai nama besar secara  nasional dengan penghasilan jauh lebih besar dari seorang Bupati.
      Dari pertemuan Jakarta Dairi Pers menyimpulkan  posisi titik aman perantau Dairi yang telah punya nama membuat mereka enggan menjadi pemimpin di Dairi dengan segala keruwetannya. Mereka lebih memilih mengasah namanya di Jakarta hingga propesional di bidangnya masing-masing.
      Sementara itu vigor lokal kabupaten Dairi hingga kini tidak ada yang berani menyampaikan siap menjadi Balon Bupati Dairi mendatang. Drs. Parlemen Sinaga, MM yang merupakan kandidat dua putaran pada pilkada silam juga hingga kini belum secara resmi  menyampaikan siap mencalonkan diri kembali kendati disebutkan pihaknya telah bergerilya di sejumlah tempat untuk pencalonan mendatang.
      Nama lain seperti Ir. Luhut Matondang yang disebut-sebut bakal mencalonkan diri untuk Dairi 1 hingga kini semakin kabur isu pencalonannya. Gerakan untuk itu juga tidak terdengar baik ditengah masyarakat maupun disejumlah elit parpol di Dairi.
     
      Sejumlah nama yang pernah mencalonkan diri pada pilkada dilam seperti viktor ujung, Mardongan Sigalingging, Tagor Sinurat, Arson Sihombing, Tom Sianturi, Remita Sembiring, FJ Pinem, Tumpu Capah hingga kini tidak terlihat tanda-tanda akan mencalonkan diri kembali . Hal ini mengindikasikan dari calon silam itu tidak ada lagi niatnya untuk maju kembali.
      Sementara itu sejumlah nama baru yang diperkirakan bakal muncul untuk balon bupati Dairi mendatang juga sangat minim bahkan terkesan tidak berani deklarasi. Kondisi waktu yang tinggal hanya setahun tersebut membuat Incumbent Johnny Sitohang masih yang terkuat dan termapan dalam pilkada mendatang.  Kemapanan pejabat ini hampir pada semua sisi yakni motor Partai dengan karakterdesnya, Motor pemerintah dengan program kunkernya dan penggalangan kepala desa dengan program studi banding ke yogya.
                Di duga kuat dengan tiga senjata utama bupati incumbent ini membuat tak satupun balon Bupati Dairi yang berani tampil bertarung pada periode mendatang. Kemapanannya langsung mrnyentuh dan berbaur dengan masyarakat kelas bawah dengan sejumlah programnya membuat pejabat incumbent ini tangguh dan diperkirakan bakal mulus pada periode ke dua. (R.07)

1 komentar:

  1. itu belum lagi...sepertinya msh byk rencana2 mendatang yg akan digulir incumben, seperti : memberikan sepeda motor utk seluruh kades di kab dairi...dan program2 menggiurkan lainnya..:D :D

    BalasHapus